Aplikasi e-gamelanku bisa digunakan pada iPad


Pernah memainkan alat musik tradisional Indonesia, gamelan? Jika blum, sepertinya sekarang lebih mudah dengan adanya gamelan virtual yang bisa disebut e-gamelanku. Hadir dalam bentuk aplikasi untuk iPad, e-gamelanku menjadi produk negeri sendiri yang patut kita banggakan.


Dalam sebuah event Ide Muda, Kontes Wirausaha Muda yang berlangsung di atrium Paragon Mall kemarin (20/11) kami berkenalan dengan beberapa mahasiswa kampus udinus yang sedang memainkan e-gamelanku salah satu stand.


Karena penasaran, kami mencoba mencari tahu apa yang menarik dari gamelan yang satu ini. E-gamelanku atau elektronik gamelan kampus udinus, adalah sebuah software gamelan under windows karya mahasiswa udinus yang telah diikutsertakan dalam Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM).


E-gamelanku ini terdiri dari dua jenis, yaitu gamelan kyai tlogo muncar (jogja) dan gamelan sri kuncoro mulyo (solo). Masing-masing sudah bisa digunakan untuk nada pelog dan slendro.


Menurut Andika, salah satu tim e-gamelanku, awalnya e-gamelanku masih berupa software under windows untuk PC, dan masih menggunakan mouse untuk memainkan e-gamelanku ini.Saat ini, e-gamelanku sudah bisa digunakan pada ipad. Aplikasi ini bisa didownload di apple store, dengan nama gamelan kyai tlogo muncar, jelasnya.


Aplikasi ini bisa dikatakan sudah komplit dibandingkan dengan e-gamelan yang lainnya. Biasanya dimainkan oleh 9 orang. Untuk gendang masih menggunakan gendang yang asli, tambahnya.


E-gamelanku sudah singgah kebeberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Taiwan dan Singapura. Selain itu pernah tampil dalam sebuah acara di Metro TV. Setiap ada event, tim e-gamelanku memperkenalkan e-gamelanku kepada masyarakat secara luas. Terutama di kalangan anak muda. Agar mereka mengenal alat musik gamelan dan ikut melestarikan gamelan yang asli agar tidak hilang dimakan zaman.


Hadirnya aplikasi e-gamelanku ipad ini, harapannya bisa mudah diakses seiring berkembangnya teknologi dan mudah dibawa kemana-mana. Lebih efektif dan efisien. Gimana, mau mencoba


...


Informasi dan Kerjasama
Hubungi kami : dotsemarang@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai