Temu Kencono, Wisata Agro di Semarang


Sudah pernah wisata agro di Semarang? Jika belum, mungkin Temu Kencono bisa menjadi rekomendasi buat anda yang sedang berada di Semarang atau mau liburan di kota Lumpia ini. Menawarkan suasana alam, tempat ini cocok buat anda yang ingin mencari tempat baru berwisata.


Wisata Agro atau agroturisme adalah suatu bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro (agribisnis) sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi dan hubungan usaha di bidang pertanian.


Akhir pekan (22/12), kami mengunjungi Kebun Durian agro Temu Kencono yang terletak di sekitar gunung Pati. Letaknya berdekatan dengan kampus Unnes. Temu Kencono sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang agrobisnis, berdiri sejak tahun 1995 telah mengkomitmenkan dirinya untuk menyediakan bahan-bahan rempah dan tanaman obat yang berkualitas.


Saat pertama kesini, bayangan kami adalah pesta duren. Maklum, sepanjang perjalanan menuju lokasi ini, banyak pedagang durian yang menghampar duriannya dengan wanginya super nikmat. Tak salah lagi, sebelah kiri turunan gunung sudah terlihat papan petunjuk lokasi tempat yang akan kami singgahi.


Medan yang masih berbatu dan pasir sedikit menyulitkan kendaraan kami, tapi tak begitu masalah. Kami tiba langsung dijamu oleh mba Alexa, manajer Sampan Seafood yang kebenaran akan menemani kami mengenal tempat wisata disini.


Kebun Sayuran & buah-buahan


Jika biasanya, melihat sayur-sayuran hanya didapur, kali ini kami bisa melihat langsung beberapa sayur yang masih original dengan pohonnya. Bagaimana tumbuhnya, cara menanamnya dan juga tempat-tempat yang digunakan untuk membuat sayuran tumbuh dengan baik.



Selain sayuran yang masih hijau, disini juga ada aneka jenis tanaman pisang, nanas, manggis, buah naga, dan lainnya.


Pohon durian


Seperti kata pak Wisnu, pemilik disini, bulan desember hingga februari adalah waktunya panen durian. Jadi, pemandangan yang kami lihat adalah banyak sekali durian yang ada dipohon yang siap diturunkan untuk dimakan.



Menariknya disini, kami mendapat informasi bahwa durian tidak boleh jatuh atau menyentuh tanah, agar kualitasnya tetap terjaga. Kami juga melihat beberapa pemanjat yang menaiki pohon berupaya mengikat durian dan menurunkannya. Sangat unik. Untuk jenis durian yang ada disini diantaranya ada gemblong, Sunan, Sukun, Manuk, Petik, Mrico dan lain-lain.


Kolam Ikan


Dua kolam ikan udah disediakan disini. Nantinya, akan ada tempat pemancingan yang dibuat agar menambah menarik tempat ini. Jadi, pengunjung bukan sekedar berwisata agro, tapi bisa langsung menyantap ikan tersebut setelah dipancing tentunya.


Tanaman obat-obatan


Bukan hanya durian yang menarik disini, ada pula tanaman obat-obatan yang bisa kita ketahui. Khasiatnya beragam mulai untuk penyakit maag, diare, kencing manis, mabuk alkohol dan sebagainya.



Transfortasi yang bisa digunakan


Waktu kami kesini, kendaraan yang kami gunakan adalah sepeda motor. Kurang lebih 30 menit jarak dari kota. Untuk mobil pun masih bisa dilalui. Berharap tidak hujan karena medan disini masih tanah dan bebatuan.


Fasilitas lainnya


Ada kamar mandi, musholla, dan sebagainya


...


Keterangan
Temu Kencono


Alamat : jl. mr. Koesbiyono Tjondro Wibowo, Sumur Jurang Rt 01/Rw 01 Sumurejo Gunung Pati, Semarang.
Telephon : 024 - 76917213
Website : http://www.temukencono.com
Facebook : https://www.facebook.com/pages/Temu-Kencono

Demi Kenyamanan, booking terlebih dahulu



 Artikel Terkait :

  1. Foto : Wisata Agro Temu Kencono

  2. Wisata Agro Temu Kencono, Makan Durian Langsung Dari Kebunnya

  3. Temu Kencono, Serunya Bermain Outbound


Postingan blogger :


...


Kontak kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Comments

  1. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz respond as I'm looking to create my own blog and would like to find out where u got this from. thanks a lot

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?