IT Mal vs Pameran Komputer



Awal tahun 2013, geliat Semarang sebagai kota destinasi terus digalakkan. Apalagi dengan adanya program Visit Jateng 2013, event yang berlangsung satu tahun. Melihat gairah ini, tentu semua kalangan optimis Semarang lebih ramai lagi tahun ini.

Gairah lainnya yang tak kalah menarik adalah dunia IT di Semarang. Hampir setiap bulan, bahkan dua event sekaligus, Semarang menyelenggarakan yang namanya pameran komputer. Menariknya pasar IT ini dan geliatnya media sosial sepertinya menjadi market paling ditunggu semua kalangan.

Seperti awal bulan Maret 2013, pameran komputer berlangsung didua tempat. Mengawali terlebih dahulu, Plasa Simpang Lima dengan SCC ( Semarang Computer Center) yang membranding dirinya sebagai IT Mal, sudah memulai pameran komputer sejak tanggal 28 Februari - 4 Maret 2013.

Dan, dilanjut pameran komputer yang dilaksanakan di Java mal oleh Dyandra dari tanggal 8 - 12  maret 2013. Pameran komputer seolah menjadi ladang bagi pertemuan konsumen dan produsen baik dari masyarakat Semarang sendiri maupun di kota-kota tetangga, masih Seputar Jawa Tengah.

Kemunculan dua event pameran komputer Semarang ini sangat menarik. Disatu sisi, memberikan kesempatan bagi kalangan IT di Semarang terus meningkatkan omset penjualan dan satu lagi menciptakan pasar serta branding bagi mal-mal yang ada di Semarang.

IT Mal

Jika kami ditanya tentang pameran komputer, mana yang paling menarik? Mungkin kami akan menjawab salah satu mal yang ada di Semarang selatan yakni Java Mal. Mal ini begitu ramai dibicarakan ketika menggelar pameran bagi sebagian masyarakat.

Mindset yang tertanam disini sudah sejak lama terbentuk, imbas dari event-event sebelumnya yang memang dilaksanakan. Memang masih ada mal-mal lainnya yang sering juga mengadain pameran serupa. Tapi, banyak kalangan yang menilai disinilah pasar itu terbentuk.

Tapi jika berbicara mal yang spesifikasi untuk pasar IT, Plasa Simpang Lima adalah jawabnya. Dengan SCC nya tersebut yang berada di lantai 4 & 5, semua produk IT ada disini. Mulai dari perangkat komputer, tablet, aksesoris dan masih banyak lagi.

Kini, untuk terus menancapkan mindset IT Mal di Semarang, Plasa Simpang 5 terus mengadakan pameran komputer tiap bulannya. Tercatat sudah ketiga kalinya, mal yang berada di simpang lima ini mengadakan pameran yang berbau komputer di lantai dasar.

Padahal bila kami pikir, plasa simpang lima tanpa perlu membuat pameran komputer pun pasti didatangin konsumennya. Ini bisa dilihat dari SCC-nya yang sudah sejak lama memberikan layanan pusat IT di Semarang.

Pameran Komputer

Di era yang serba teknologi ini dan perkembangan dunia IT, ternyata market untuk pameran komputer terus meningkat. Bahkan, beberapa penyelenggara seperti pengusaha IT, Apkomindo, sudah memiliki jadwal pameran komputer setahun ini.

Tidak bisa dipungkiri, pameran komputer bukan saja menjadi magnet bagi kalangan pengusaha IT maupun produsen namun menjadi kebutuhan bagi masyarakat Semarang sendiri yang ingin mengetahui perkembangan gadget terbaru saat ini.

Dan paling dicari setiap pameran komputer selain produk terbaru adalah harga murah. Begitulah yang terjadi sekarang ini di masyarakat. Mereka lebih senang datang hanya untuk ini atau bahkan ingin lebih praktis tanpa harus menuju pusat penjualan IT.

Sekarang, Semarang memiliki event setiap bulannya yang terus menarik khususnya pameran komputer. Dengan konsistensi ini, kami melihat ada peningkatan kunjungan dari berbagai kota di Jawa Tengah meski produk yang ditawarkan hampir sama dengan bulan kemarin.

Kreativitas dan daya saing selama pameran menjadi acuan bagi pelaku usaha komputer di Semarang. Karena pasar udah terbentuk dan banyak konsumen ada disini, tinggal bagaimana meramu semua ini menjadi daya tarik bagi mereka yang sebenarnya tidak butuh gadget baru melainkan ingin barang-barang keluaran baru tapi tetap harga murah.

Jadi, mengapa pameran komputer disini begitu menarik? Mungkin kami hanya bisa menjawab, harga bersaing dan produk-produk baru yang selalu ditunggu. Apalagi dengan perkembangan media sosial, rupanya menjadi mudah bagi kalangan pelaku usaha mempromosikan agenda mereka.

Dampak positifnya dari pameran komputer yang semakin banyak, pemilik mal terus berupaya membranding diri mereka dengan sebutan IT Mal. Konsumen, seolah digiring kearah sini tanpa repot mencari.

Dan kini, konsumen lah yang menjadi raja. Sampai mana layanan terbaik yang ditawarkan kepada mereka guna terus sekedar datang membeli atau cuma melihat saja. Semarang asyik itu tentu, Semarang tambah ramai, semoga terus begitu.

...

Konta kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?