Semarang, Pameran Komputer Selalu di Mal


Salah satu hal menarik dari ajang pameran komputer yang diadakan di Semarang bagi saya adalah harga. Karena, hampir tiap ajang pameran komputer tidak ada barang atau gadget atau teknologi baru yang dipamerkan. Semua numpuk jadi satu dengan barang-barang yang dijual tentunya.


Akhirnya, berakhir sudah ajang pameran komputer bulan November 2013 yang berlangsung di Java Mal, kemarin. Pameran yang selalu sama, baik konsep penataan booth maupun lainnya, bagi saya hanyalah sekedar memindahkan barang ditoko dan menemukan pasar potensial yang memang, mal ini sudah menjadi trendsetter untuk pameran komputer.


Melihat keseragaman pameran komputer dari waktu ke waktu, bulan ini sepertinya menjadi unjuk giginya salah satu brand yang berasal dari Cina. Perkembangan brand ini memang sedang naik daun. Mungkin yang melihat fenomena ini dapat melihatnya dengan pemasangan booth paling besar kemarin.


Hanya di Semarang, pameran yang diadakan di Mal


Saya sempat mampir disalah satu booth. Biasanya, saya akan mencoba melihat kemampuan dari karyawan atau SPG yang menawarkan untuk mempromosikan produknya. Seperti biasa, saya mulai gencar tanya sana sini. Dan si karyawan ini, memang memiliki pengetahuan yang tidak biasanya saya temukan. Wow..


Ada perihal dimana saya dan karyawan ini menemukan titik persamaan tentang fenomena pameran saat ini di Semarang. Hanya di Semarang, pameran yang diadakan di mall, begitu katanya. Ah, saya sempat kaget. Bukannya kota-kota besar juga sama?


Karyawan tadi mencoba melanjutkan arah pembicaraan. Tidak. Di Jogja ada yang namanya Jogja Expo Center ( JEC ) dan di Jakarta ada Jakarta Convention Center (JCC). Disitulah pameran komputer dan lainnya biasanya digunakan. Makanya, jangan harap menemukan perbedaan diajang pameran yang ada di Semarang.


Saya mengamini pendapatnya yang ternyata sudah melihatnya dibeberapa kota. Saya pikir, inilah Semarang. Memang tak punya conventional Hall yang menampung pameran, seperti pameran komputer. Jika Ada, pasti melihat potensial pasar terlebih dahulu.


Jangan salah. Karyawan tadi mulai tertarik melanjutkan.
Silahkan dilihat saja, berapa banyak pengunjung sesungguhnya yang datang hanya untuk pameran?
Iya sih, kata saya.
Kebanyakan pengunjung tidak hanya datang melihat pameran. Mal ini memang sudah menjadi trendsetter untuk pameran. Makanya, selalu terlihat ramai.


...


Mungkin obrolan tadi membangkitkan motivasi saya dan pembaca mengenai pameran yang selalu rutin dilaksanakan tiap bulan. Saya berpikir terus, apakah ada perbedaan tiap dilaksanakan besok. Ditambahin kegiatan atau pameran produk terbaru dari salah satu produsen.


Pameran komputer di mal, ibaratnya mencari zona aman dan nyaman. Tempat yang strategis dan potensial pasar yang siap bertransaksi kapan saja. Jika harus pindah dan dilaksanakan ditempat lain, apakah rela meninggalkan itu semua.


Kalau begitu, saya akan menunggu tahun depan. Apakah ada inovasi dan kreativitas baru setiap ajang pameran komputer dilaksanakan di Semarang.


Posted by @Asmarie_


Artikel Terkait dengan pameran komputer Semarang *november 2013 :

...

Konta kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?