9 Fakta Menarik tentang Semarang


Jika ingin lebih banyak tahu informasi tentang Semarang, anda harus baca fakta menarik ini. Dikutip dari Facebook Komunitas Anak Semarang, berikut fakta-faktanya.


1.Pada abad ke-VIII, Semarang menjadi pelabuhan utama Kerajaan Mataram Kuno yang disebut dengan nama Pragota. Pelabuhan ini menjadi titik mula pelayaran para pelaut Mataram Kuno yang berlayar hingga ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar, jauh sebelum pelaut Eropa berlayar mengarungi samudra dan Christopher Columbus menemukan benua Amerika.


2.Sebagai kota bandar yang banyak dikunjungi oleh kapal-kapal asing, kawasan Semarang menjadi melting pot, tempat di mana beragam budaya bertemu dan saling mempengaruhi satu sama lain. Salah satu bukti akulturasi yang terkenal dapat dilihat dalam ranah kulinernya. Makanan khas Semarang seperti Lumpia Gang Lombok (Lumpia), Tahu Pong, dan Soto Bangkong merupakan perpaduan kuliner Jawa dan Cina.


3.Kota Semarang terbagi menjadi dua kawasan yang dikenal dengan nama Semarang Atas dan Semarang Bawah. Kawasan Semarang Bawah yang menjadi pusat kota pada mulanya adalah laut yang mengalami sedimentasi aliran sungai yang terdapat di kawasan Semarang bagian atas. Lokasinya yang terletak di dataran rendah dan sering terkena luapan air laut (rob) menjadikan Semarang Bawah kerap mengalami banjir.


4.Semarang menjadi salah satu daerah yang dilewati oleh Jalan Raya Pos sepanjang 1000 km yang membentang dari Anyer hingga Panarukan. Berhubung saat memasuki Kawasan Semarang tertumbuk oleh rawa-rawa pantai sepanjang 30 km, Jalan Raya Pos meninggalkan Pantai Utara dan agak dilengkungkan ke tenggara melewati depan Gedung Lawang Sewu.


5.Gereja Blenduk yang terletak di kawasan Kota Lama merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Dibangun pada tahun 1753, gereja yang menjadi salah satu landmark Kota Semarang ini masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga sekarang. Disebut dengan istilah blenduk karena memiliki atap gereja berbentuk kubah yang berlapis perunggu.


Selanjutnya >>> 2

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?