Semarang Raih Peringkat Ketiga Penghargaan Smart City


Ada kabar baik bulan Oktober ini bagi masyarakat kota Semarang. Dotsemarang sebelumnya menulis tentang '[Semarang Smart City] Masuk 4 Besar Dengan Indeks Tertinggi', ternyata tanggal 20 Oktober kemarin, Semarang diberi penghargaan sebagai kota pintar dari Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2015 di Jakarta.

Surabaya sepertinya masih menjadi yang pertama untuk kategori ini, kemudian disusul kota Bandung, dan Semarang berada diperingkat ketiga. Peringkat keempat didapat kota Bekasi, dan disusul Depok.

Penghargaan ini berdasarkan  dua indeks penyusun, yaitu indeks kesiapan menuju daerah pintar (smart readiness index) dan indeks kinerja daerah pintar (smart region index).

Di dalam smart readiness index, terdapat lima dimensi yang diukur, yaitu sumber daya alam, struktur, infrastruktur, suprastruktur dan kultur sebuah daerah.

CEO Citiasia Inc Farid Subkhan menjelaskan, kota pintar adalah kota yang mampu membangun daerah atau kabupaten dan provinsi. "Pertama, daerah yang lebih nyaman ditinggali. Kedua, daerah yang membuat orang mudah. Kalau naik transportasi tidak macet, kalau mau belanja tidak terlalu jauh, kalau misalkan mau berolahraga juga ada fasilitas umum," ujarnya.

Kota pintar juga adalah daerah yang aman. "Kami pulang jam 12 atau 1 pagi, tidak ada jambret," ujarnya. Selain itu, kota pintar adalah daerah yang membuat orang semakin sehat dan sejahtera.

Malam penganugerahan ISNA dilaksanakan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Selasa (20/10/2015). Acara ini merupakan kerja sama dari Citiasia inc, Indosat dan Datacomm sebagai penggagas dan mendapat dukungan dari Kemendagri serta DPD RI.

...

Dotsemarang sendiri merasa ini sebagai dorongan untuk pemerintah kota maupun warga agar lebih bersemangat lagi memajukan Semarang kedepannya. Semoga dengan penghargaan ini, harapan menjadi 'Smart City' yang lebih baik dapat terkabul beberapa tahun ke depan.

Sumber :
Diolah dari beberapa sumber (portal berita)



Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotsemarang
Email : dotsemarang [@] gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?