8 Daftar Museum di Semarang


Di Semarang banyak museum yang dapat dikunjungi. Mulai dari yang isinya umum se-Indonesia hingga khusus sesuai tempatnya berada. Kini, ada juga museum yang bukan sekedar menyimpan barang-barang peninggalan sejarah. 

Bagaimana kabar hari ini? Sudah tiba di Semarang dan bertemu keluarga tercinta. Atau masih ada yang terjebak macet menuju Semarang. Lebaran memang selalu punya cerita, karena itu adalah momen berharganya yang selalu diingat kemudian hari.

Untuk melengkapi cerita Anda pulang ke Semarang, jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat menarik. Beberapa konten sebelumnya sudah saya kasih seperti di bawah ini :
Daftar Museum

Bila belum memiliki jadwal jalan-jalan hari ini atau setelah lebaran, Anda mungkin bisa merekomendasikan Museum kepada keluarga Anda. Di semarang ada banyak museum, baik yang benar-benar sebagai museum atau juga sebagai branding.

8 daftar nama museum berikut ini dotsemarang dapatkan referensinya dari Facebook, yuk intip di bawah :

1. Museum Ranggawarsita

Letaknya berada di dekat Bandara atau jembatan Kalibanteng. Museum ini menurut saya adalah paling besar mengingat kriteria museum ini berskala JaWa Tengah bukan Semarang.

Karena kriteria tersebut, Anda dapat melihat banyak barang-barang dan cerita sejarah dari Jawa Tengah secara khusus. Tenang Semarang juga ada, termasuk nusantara. Kalau mengajak keluarga, museum ini sangat cocok. Beberapa kontennya sudah banyak dotsemarang publish di sini.

2. Museum Lawang Sewu

Salah satu destinasi favorit kunjungan wisata Semarang ini bukan sekedar melihat bentuk bangunan dan sejarahnya saja. Di dalam beberapa ruangannya tersimpan benda-benda dan sejarah yang dipajang layaknya museum pada umumnya.

Jangan hanya mendapatkan momen buat berfoto saja, saat bersama keluarga cobalah mengetahui sejarah panjang dari museum di sini. Meski masalahnya parkiran yang bakalan membludak saat lebaran, tapi tetap sangat rekomendasi. 

3. Menara Masjid Agung Jawa Tengah

Jangan kira, Masjid Agung Jawa Tengah hanya untuk tempat beribadah dan menggelar acara pernikahan (Aula). Di sini ada museumnya yang terletak di Menara Al-Husna di lantai 2 dan 3. 

Isinya tentu menyesuaikan tempatnya berada seperti perkembangan Islam di pulau Jawa, kesenian, budaya dan beberapa tentang Semarang termasuk Masjid Agung.

4. Museum Jamu Nyonya Meneer

Letaknya berada di jalan Kaligawe, dekat kampus Unissula. Museum Jamu Nyonya Meneer merupakan museum jamu pertama di Indonesia yang berdiri pada tanggal 18 Januari 1984.

dotsemarang sendiri pernah mempublish museum yang  diresmikan oleh Ibu Ismail,  isteri Gubernur Jawa Tengah pada tahun itu. Infonya ada di sini.

5. Museum Mandala Bhakti

Museum ini berada di sekitaran Tugu Muda. Jadi bisa sekalian mampir setelah berkunjung ke Lawang Sewu. Museum ini merupakan museum perjuangan TNI. Klik di sini untuk mengetahui jam bukanya.

6. Museum Jamu Jago dan Muri

Museum ini terletak di jalan Setiabudi no. 179 Srondol. Museum yang didirikan oleh perusahaan Jamu Jago sebagai pusat informasi dan promosi hasil jamu ini juga mengoleksi catatan rekor maupun prestasi luar biasa yang dimiliki orang-orang Indonesia.

7. Semarang Gallery / Semarang Contemporary Art Gallery

Sepertinya ini bukan kategori museum, lebih sebagai tempat galeri yang digunakan buat acara pameran. Namun di Facebook, tempat ini termasuk dalam kategori museum.

Coba aja kunjungi karna tempat ini sangat mengasyikkan. Ada 2 lantai gedung yang berada di kawasan Kota Lama ini. dotsemarang sendiri sudah mengunjungi, klik di sini untuk mengetahui suasananya.

8. Old City 3D Trick Art Museum

Terakhir ada tempat baru yang buka bulan Mei 2016. dotsemarang sendiri belum pernah berkunjung ke sini. Beberapa ulasan yang saya baca dan foto beredar, tempat ini banyak diisi dengan gambar 3 dimensi.

Sebagai salah satu destinasi baru, tempat ini layak dicoba. Jangan lupa, masuk tempat ini bayar. Letaknya ada di kawasan Kota Lama. Mungkin setelah dari Semarang Gallery, Anda dapat mencobanya langsung.


...

Semarang banyak sekali tempat yang menarik untuk dikunjungi, bukan? Untuk mengunjungi tempat-tempat menarik tersebut, jangan lupa mengatur jadwalnya. Karena biasanya lebaran, tempat-tempat tersebut ramai dan lalu lintas kadang macet.

Sebelumnya juga dipastikan bahwa Anda tidak lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen berharga. Cuma mengandalkan Smartphone? Boleh saja, kok. Karena perangkat gadget sekarang punya kemampuan setara DLSR.

Selamat lebaran dan liburan di Semarang.

Artikel terkait :

Comments

  1. Info yg bermanfaat, kapan ya ada museum tour di Semarang? Agak horor kalau masuk ke museum apalagi sendiri, lebih enak rame2+ada guide

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tahu nih.
      Hehe.. betul2

      Semoga kami dapat kabar baru, nanti akan kami infoin di sini

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?