Foto : Suasana Salat Idul Fitri di Simpang Lima (2016)


Tahun 2016, umat muslim melaksanakan lebaran atau Idul Fitri pada tanggal 6 Juli 2016. Tidak seperti tahun - tahun sebelumnya saya melaksanakan salat Ied di Masjid Agung Jawa Tengah, kali ini saya melaksanakannya di Simpang Lima Semarang. Begini suasananya.

Satu-satunya masjid yang ada di Simpang Lima adalah Masjid Baiturrahman Semarang. Momen lebaran, biasanya banyak masyarakat melaksanakan salat Ied di sini. Karena dipastikan tidak dapat menampung jamaah yang begitu banyak, kawasan Simpang Lima pun dijadikan lokasi salat.


Seperti Car Free Day, arah masuk kawasan Simpang Lima pasti ditutup. Salah satu titik yang ditutup adalah jalan Ahmad Yani ini.



Cukup banyak panitia salat ied yang berada di titik-titik pelaksanaan salat di sini untuk mengarahkan masyarakat yang akan melaksanakan ibadah agar tidak tercampur antara jamaah pria dan wanita.





Penjagaan ketat dari Brimob juga menjadi pemandangan lain selama pelaksanaan ibadah salat kali ini. Meski begitu, masyarakat tetap terus mengikuti salat dengan khidmat.


Meski sudah diberi petunjuk shaf, tidak dapat dipungkiri juga bahwa masih banyak jamaah yang tercampur. Terutama yang berada di bagian belakang dan samping.


Usai salat, pemandangan koran bertebaran di jalan tidak dapat dihindari. Untunglah, petugas kebersihan langsung membersihkan semua koran yang berserakan tersebut.



Artikel terkait :
...


Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?