[Catatan] Ini Bukan Pesta Blogger, Tapi Incredible Race Asus


Lama tidak berkumpul dengan blogger se-Indonesia, saya pikir momen acara Zenvolution kemarin yang digelar di Bali merupakan ajang pesta blogger. Ternyata bukan. Hari kedua saya di Bali adalah acara Incredible Race, semua blogger yang hadir termasuk jurnalis dan lainnya mengikuti games yang dibuat oleh Asus. Seperti apa games tersebut?

Akhirnya saya menulis lewat catatan ini. Mungkin yang sudah memperhatikan acara Asus kemarin sudah mengerti apa yang sedang saya lakukan di Bali dari tanggal 7-8 September. Saya tidak sendiri, ada 7 blogger lain yang berasal dari Semarang. Selama di Bali, saya banyak bertemu blogger-blogger yang sudah lama kenal. 

Lebih ramai

Hari kedua, kawasan Nusa Dua Bali cuacanya berkali-kali menggoda peserta. Tiba-tiba hujan dan kadang malah super panas. Untung saja, semua sudah dipersiapkan hari sebelumnya saat kami tiba. Seperti jas hujan yang saya pikir ini buat apa, ternyata sangat berguna pada saat acara.

Setelah sarapan pagi, saya dan peserta lainnya yang sudah menggunakan kaos putih yang bertuliskan Incredible race menuju lokasi acara. Untuk diketahui, peserta yang mengikuti ada sekitar 500 orang dan menjadikan acara games ini masuk MURI Indonesia dengan jumlah peserta terbanyak.


Dengan view pantai yang indah, saya dan peserta berkumpul di lokasi. Sangat ramai suasananya sampai-sampai hujan turun membuat semua orang berlari mencari tempat berteduh. Tapi untunglah cuaca kembali terang benderang.


Semua peserta dibagi beberapa kelompok, saya sendiri termasuk kelompok 33. Ada beberapa teman blogger Pontianak yang termasuk dalam kelompok saya. Untuk satu nama, sosok blogger yang punya ciri khas tidak ada rambut alias gundul ini selalu bertemu di momen-momen tertentu. Makanya saya jadi ingat acara-acara yang berhubungan dengan blogger seperti pesta blogger. Tapi ya suasananya memang seperti pesta blogger. Berkumpul soalnya.

Amazing Race, menyelesaikan tiap tantangan

Satu grup terdiri dari 10 orang lebih. Tugasnya menemukan lokasi-lokasi yang ditentukan dengan bantuan teknologi di sini. Dengan bekal Zenfone 3 yang sudah diberikan satu-satu, peserta harus menyelesaikan semua tantangan setelah tiba di lokasi.

Lokasi pertama yang saya tuju lumayan jauh. Kekompakan tim menjadi hal penting dalam perjalanan kami saat itu. Setelah berhasil tiba, beberapa panitia memberi tantangan. Waktu di lokasi pertama kami diberi tantangan mencari Pokemon. 

Saya sangat percaya diri mencari Pokemon disekitar. Namun tidak mudah mengingat waktu yang dibatasi dan beberapa teman blogger ada yang belum pernah bermain. Ya, kita harus saling membantu satu dengan lainnya.


Waktu terus berjalan hingga sore hari. Itu benar-benar sangat lelah. Apalagi jarak lokasi satu dengan yang lain bisa ditempuh lebih dari 1 km dengan berjalan kaki. Satu-satunya waktu istirahat selama permainan itu adalah makan siang. Setelah itu kita lanjut sampai selesai.

Tim saya tidak beruntung kali ini. Banyak hal yang menentukan kami waktu itu. Meski begitu semangat dan nilai yang saya dapat  sungguh menyenangkan. Meski tubuh sangat lelah. Pada intinya, kami harus banyak-banyak mendapat poin dengan perhitungan 1 poin dikali 100 ribu. Lalu, berapa banyak poin yang didapat sang juara ?

Gala Dinner

Acara Amazing Race selesai juga akhirnya. Setiap peserta diberi medali seperti acara lari yang saat ini sedang digandrungi kota-kota besar. Semua dipersilahkan kembali ke penginapan menggunakan bus yang disediakan.


Suasana makan malam, semua posting acara bisa dicek di sini.

Selesai kegiatan dari pagi hingga sore, acara akan berlanjut dengan makan malam di lokasi utama saat launching Zenfone 3 di hari pertama. Kami punya waktu 2 jam setidaknya untuk istirahat dan mandi, lalu mempersiapkan diri.

Jam setengah 7 malam, saya sudah bergegas menuju bis yang menjemput kami menuju lokasi. Dalam kesempatan seperti inilah saya bisa menyapa teman-teman khususnya blogger. Mereka terlihat lelah tapi masih memiliki semangat untuk acara terakhir, mengingat kami besok sudah harus balik kembali ke kota asal masing-masing.

Gala Dinner selalu menjadi acara penting, termasuk buat saya yang sudah kedua kalinya mengikuti rangkaian acara dari Asus ini. Peserta bukan saja dijamu dengan berbagai menu makanan, para petinggi Asus yang mendatangi dari meja ke meja  mengajak kami minum bareng (chers).


Asus mendapatkan rekor Muri Indonesia 

Rangkaian makan malam tidak sekedar hanya makan dan minum, masih ada beberapa acara seperti pengumuman pemenang Amazing Race, Penyerahan Rekor Muri, penampilan Ambassador Asus oleh BCL dan Joe Taslim dan lain sebagainya.

...

Hari pertama, rangkaian acara lebih fokus pada acara launching Zenfone 3 beserta produk lainnya. Hari kedua, seperti yang saya ceritakan di sini.

Oh ya, saya lupa memberitahu kalau juara pertama berhasil mengumpulkan poin yang dirupiahkan sebesar 19 juta lebih. Wow,, itu menggiurkan. Tapi harus dibagi-bagi dengan jumlah peserta yang lebih dari 15 orang.

Serangkaian acara Asus benar-benar membuat saya teringat dengan ajang Pesta Blogger yang kini sudah tidak ada lagi. Sebuah wadah berkumpul semua blogger dari Indonesia. Dan Asus melakukannya dengan catatatan itu acara pemasaran mereka tentunya.

Sebagai blogger yang turut hadir tentu saya seperti membanggakan Asus tapi kenyataannya brand yang cukup baik buat saya yang buat acara begini ya Asus. Lalu, apa yang bisa kita petik dari rangkaian acara ini?

Asus memahami bahwa saat ini di era Internet yang serba cepat, mereka harus memanfaatkan momentum perkembangannya. Blogger sebagai masyarakat yang melek Internet dengan kelebihannya yaitu penghasil konten masih menarik untuk digaet. 

Memang ada jurnalis yang punya kekuatan lebih besar karena didukung lembaganya, namun setidaknya dari sisi blogger itulah yang bisa saya tangkap.

Catatan lainnya :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?