Sudah Siapkah Semarang Menuju Gerakan Wisata Go Digital?


Pariwisata Indonesia terus mendapat perhatian dari pemerintah. Terbaru adalah gerakan Go Digital yang diprakarsai oleh Arief Yahya selaku Menpar saat acara Rakornas Kemenpar III di Econvention, Ecopark, Ancol Senin (19/9).

Gerakan Go Digital yang saya maksud dalam tulisan ini adalah tentang dunia pariwisata Indonesia. Gerakan ini menyesuaikan gaya hidup orang-orang masa kini, khususnya generasi muda yang selalu lengket dengan smartphone.

Kemenpar mendorong daerah-daerah harus menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung seperti official website. Dalam website tersebut, daerah harus berani menampilkan kalender event. Dan juga, website yang dibuat haruslah menarik dan friendly alias nyaman saat diakses.

Tentu, tidak semua daerah sudah siap. Kalau hanya membuat website, sepertinya tiap daerah sudah memiliki. Tinggal pengembangannya saja terutama update yang meliputi video, foto, gambar dan teks dan berita terkini.

Makin bagus websitenya, makin banyak orang betah mampir, makin banyak yang bisa dipromosikan,” kata Arief Yahya.

Apakah Semarang sudah siap?

Kota Semarang sebenarnya SUDAH SIAP bila melihat beberapa website yang telah dibuat. Saat saya mencari website pariwisata kota Semarang saya menemukan dua website. Keduanya saling terhubung.

  1. http://infowisata.semarangkota.go.id
  2. http://pariwisata.semarangkota.go.id (Disbudparkota)

Menarik melihat keduanya menginformasikan beragam informasi wisata Semarang. Bahkan, ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh bagi pengguna Android.Saya sendiri menyukai website yang pertama karena desainnya lebih menarik dan konsepnya bagus. 

Dengan hadirnya dua situs ini saja, Semarang bisa dikatakan sudah siap. Beberapa akun media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook pun juga sudah digunakan.

“Jika tidak ikut Go Digital, saya jamin destinasi wisata yang dimiliki daerah itu tidak akan maju. Karena itu no return point (tak ada titik balik, red), harus familiar dengan digital!” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Bagaimana kelanjutannya, kita tunggu saja. dotsemarang berharap dapat memposting tentang perkembangan wisata seperti ini.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap 

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?