Tren Layanan Keuangan Digital di Indonesia


Layanan Keuangan Digital (LKD) di Indonesia dalam 3 tahun terakhir ini berkembang sangat pesat. Tidak hanya perbankan, industri lain berbasis teknologi seperti industri telekomunikasi pun masuk ke pasar LKD yang potensinya sangat besar. Prediksi kedepannya, semua transaksi akan dilakukan melalui digital, terutama mobile.

Paragraf pembuka di atas saya kutip dari majalah Mix edisi Juli 2016. Karena waktu itu covernya tentang LKD Indonesia, saya harus membelinya dan benar saja, tren tersebut kini begitu terus dikampanyekan seperti baru-baru ini yang dilaksanakan di kota Semarang.

Masuknya BCA lewat Acara blogger

Akhir Agustus kemarin, diadakan acara yang mengundang blogger Semarang di Nestcology. Review acara masih belum saya publish. Di sana, berkumpul banyak blogger yang sebagian besar didominasi perempuan. Bahkan yang hadir pun berasal dari luar kota. Mungkin untuk memenuhi kuota mengingat mengumpulkan blogger Semarang lebih dari 40, itu tidak mudah saat ini.


Segmen yang saya soroti adalah hadirnya BCA yang memperkenalkan Sakuku dibagian akhir rangkaian acara. Produk LKD milik BCA ini memang tak asing buat saya, mengingat beberapa acara di kota lain, juga melakukan hal yang sama.

Tentu saja, saya tidak terkejut sama sekali. Apalagi setelah membaca majalah Mix mengentai tren digital. Saya memahami tren LKD yang sekarang sedang popular, mau tidak mau harus dipromosikan dengan gencar. Ini karena persaingan bukan lagi hanya pada dunia perbankan, tapi sudah berhadapan dengan perusahaan telekomunikasi.

Apa kelebihan Sakuku dan bagaimana menggunakannya? Saya masih menyimpannya juga, dan belum saya publish di blog. Yang pasti, produk BCA ini adalah yang terbaru dan sudah berbasis aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna Android maupun Apple.

XL Tunai

Untuk produk telekomunikasi yang saya sudah coba adalah XL Tunai. Saya menggunakannya setelah acara launching XL 4G bulan Juni kemarin. Berbeda dengan Sakuku, XL Tunai saat ini belum berbasis aplikasi berbasis smartphone. Masih program sederhana yang dapat digunakan dengan cara mengetik tanda pagar dan bintang (#*) serta angka.

Untuk fungsinya, XL Tunai masih paling baik menurut saya ketimbang Sakuku. Tapi sekali lagi, itu hanya pendapat personal saja. Silahkan dicoba sendiri.

Tidak melulu soal e-money maupun uang elektronik

Produk LKD tidak melulu fokus pada kedua layanan yang saya sebut di atas. Perbankan maupun perusahaan telekomunikasi memanfaatkan kemajuan teknologi informatika dengan memberikan aneka layanan.

Seperti cek saldo, transfer uang ke bank maupun sesama LKD, bayar pulsa, bayar air hingga listrik, bayar telepon, parabola, dan masih banyak lagi.

Penyelenggara LKD lainnya

Selain BCA lewat Sakuku dan XL lewat XL Tunai, ada LKD lainnya yang sudah beredar di Indonesia sekarang ini. Informasi ini saya masih ambil dari majalah Mix, sebagai berikut :
  • Tcash - Telkomsel
  • E-cash - Mandiri
  • Bank Cimb - Niaga
  • Dompetku - Indosat
  • BCA/Flazz BCA
  • E-toll Mandiri
  • D-Cash - Danamon
  • dll

...

Bagaimana soal kendalanya sendiri maupun pengaruhnya di masyarakat? Tentu, saya kembalikan lagi kepada penggunanya. Untuk yang belum gunakan, referensi di mesin pencari juga sudah banyak. Saya berharap akan menuliskannya di sini, tapi lain waktu saja.

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, khususnya mobile, industri perbankan dituntut untuk siap menghadapi perubahan pasar yang kini cenderung lebih menyukai hal-hal yang serba praktis.

Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator industri jasa keuangan, mendorong industri layanan seperti ini. Prediksi mereka kedepan tentang hal ini adalah semua transaksi akan dilakukan melalui digital, terutama mobile, dan jumlah penggunanya semakin banyak yang berasal dari pengguna smartphone.

Apakah Anda menggunakan salah satu produk LKD yang sudah beredar saat ini? Beritahu saya pengalaman Anda lewat komentar di bawah ini.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?