Foto : Dewi Lestari Bicara Kopi dan Mengenal Profesi Q Grader


Sebagai seorang yang bukan pecinta kopi atau penikmat, saya sangat beruntung bisa hadir di acara hari kopi Internasional tanggal 1 Oktober kemarin. Di sana, saya bisa ikutan acara talk show yang menghadirkan Dewi Lestari dan mengetahui tentang profesi yang bernama Q Grader yang mungkin buat yang di sana sudah familiar.


Acara dimulai siang hari, dari kiri bisa terlihat sosok Dewi Lestari dan juga disebelahnya Mira Yudawati, lalu MC. Dewi bercerita tentang pengalamannya masa kecilnya yang sudah meminum kopi.

Dari SD, Dewi sudah diajak minum kopi oleh ayahnya. Tapi, meski dari kecil, Dewi tidak bisa minum kopi banyak-banyak. Perutnya sangat sensitif terhadap kopi. Maksimal 2 gelas kopi sehari, katanya.

Selama acara juga, Dewi bercerita tentang bukunya yang berjudul Filosofi Kopi yang pada akhirnya diangkat jadi film dan menarik banget menurut dotsemarang. Review filmnya sudah dotsemarang tulis di sini.


Bila Dewi sudah sangat dikenal, beda dengan Mira Yudawati buat dotsemarang yang masih belum mengenal sosoknya dan punya profesi Q Grader. Apakah itu?

Q Grader adalah orang yang pekerjaannya mencicipi kopi dan memiliki sertifikat Internasional. Tidak mudah mendapat sertifikat tersebut mengingat berbagai pelatihan dan tes harus didapatkannya guna diakui sebagai Q Grader. 

Saya menemukan artikel menarik terkait Q Grader dimana postingan tersebut menceritakan tentang pelatihan menjadi Q Grader, silahkan simak di sini.

Artikel terkait :

...


Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. Owh jadi itu yang dimaksud Q Grader, thanks atas infonya gan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?