Langsung ke konten utama

Lawan Berita Bohong, Masyarakat Semarang Deklarasi masyarakat Indonesia Anti Hoax di Car Free Day


Minggu awal bulan Januari 2017, suasana Car Free Day Semarang di jalan Pahlawan lebih ramai dari biasanya. Ada deklarasi masyarakat Indonesia Anti Hoax yang turut dihadiri Gubernur Jawa Tengah hari itu. Seperti apa suasananya.

Sudah sepekan berlalu, ternyata dotsemarang lupa kalau minggu kemarin ada acara seperti ini yang lupa dipublish di blog dotsemarang. Acara ini sejatinya dilaksanakan tanggal 8 Januari,  dan hari itu untunglah cuacanya cerah sehingga acara berlangsung dengan lancar.



Tujuan dari acara ini tentu untuk melawan berita bohong yang kian marak tersebar saat ini, khususnya di media sosial. Hoax sendiri adalah informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya.

Selama acara ini, banyak komunitas yang turut hadir mendukung gerakan anti hoax di Semarang. Tapi sayangnya, tidak ada komunitas bloger yang disebut di sana. Mungkin panitia lupa atau memang tidak ada komunitas bloger yang hadir.

Dalam kesempatan ini, selain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir, ada Ketua Kamar Dagang dan Industri Kota Semarang Arnaz Agung, Sekjen Ikatan Guru Indonesia Mampuono, dan GM Star Hotel Semarang sebagai wakil Pegiat Wisata Benk Mintosih.



Dalam kesempatan ini dibacakan juga 10 isi dari Piagam Masyarakat Anti Hoax yang diharapkan dapat mewujudkan dunia media sosial Indonesia yang lebih positif dan bersih dari fitnah, hasut dan hoax. Isinya sendiri ada di sini.

...

Perkembangan hoax di media sosial semula dilakukan untuk sarana pembulian. Namun dalam perkembangannya, banyak orang terutama dalam dunia politik, hoax dipakai sebagai alat black campaign di pesta demokratasi yang mempengaruhi persepsi pemilih.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Grab Express, Layanan Kirim Paket Kecil Dalam Kota ini Tersedia di kota Semarang

Semisal kamu sedang ingin mengadakan acara bersama teman-teman dan barang yang sudah kamu bawa harus segera kamu berikan, tapi kamu masih mencari yang lain, salah satu solusinya bisa gunakan layanan kurir Grab ini. Penasaran?

Gambar di atas hanyalah ilustrasi yang modelnya merupakan teman kami. Kami lebih tertarik dengan kampanye yang digunakan lewat tagar #ILOVEGRABEXPRESS dengan disisipi tagline kiriman beres, PakaiGrabExpress.

Nama layanan ini adalah Grab Express, yang tentu punyanya si Grab. Hadir sejak tahun 2015 dengan kota terbatas, kini layanan pengirim barang dan dokumen ini tersedia di kota Semarang.

Sebagai bukan pengguna Grab, kami baru mengetahuinya saat hadir di acara Grabexpress Experience Corner yang dilaksanakan di ADA Setiabudi, Minggu (8/4). Ulasannya sudah ada di blog, atau langsung klik di sini.

Apa itu  GrabExpress ?

Mengutip dari situs resminya Grab, GrabExpress adalah layanan kurir ekspres menggunakan GrabBike yang menjanjikan kecepatan, kepastian, dan yang pali…

Agenda Semarang Maret 2018

Selamat datang bulan Maret. Bulan ini datang lebih awal karena Februari mengakhiri kalendernya hanya sampai angka 28 saja. Bulan ketiga ini ada acara besar yang mengusung karnaval yang wajib kamu tandai untuk berkunjung ke Semarang. Apakah kamu bulan ini berencana datang ke sini?

Agenda rutin : [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)Agenda lainnya : [1-5 Maret] - Finance & UMKM Expo di Mal Ciputra.[2-4 Maret] - Garuda Indonesia Travel Fair di Paragon Mall[8-11 Maret] - Wedding 2018 di New PRPP Convention Center.[9-11 Maret] - Semarang Clothing Festival 2018[9 Maret] - Pameran Produk Kreatif.[11 Maret] - Sema…

Jadwal Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Semarang Hari Ini

Film Indonesia yang ditayangkan di Semarang diputar di Cinema 21 - Mall Ciputra (Simpang Lima) lantai 2 (paling atas).
Harga tiket Senin - Kamis ; Rp. 30.000.


Ikuti perkembangan seputar film Indonesia dengan mengikuti;
Twitter : @kofindo
Facebook ; PecintaFilmIndonesia / Kofindo



Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotsemarang
Email : dotsemarang [@] gmail.com

[Photoblog] Begini Cara Grab Promosikan Layanan Kurir Ekspres di Semarang

Lewat acara yang dilangsungkan di ADA Setiabudi, Minggu (8/4), Grab mencoba mengenalkan salah satu layanan mereka berbasis kirim barang atau dokumen yang dinamakan GrabExpress. Seperti apa cara mereka melakukannya?

Ini adalah postingan kedua kami tentang Grab yang kami masukkan dalam kategori transportasi online. Kali ini kami datang dengan membawa acara mereka yang kami turut hadiri.

Grabexpress Experience Corner

Grab Semarang terus gencar mempromosikan layanan mereka kepada masyarakat. Beberapa kali kami melihat mereka hadir di beberapa acara dengan membuka stan.

Namun kali ini, Grab Semarang melakukannya lebih besar dengan membuat acara offline yang memanfaatkan halaman depan pintu masuk Ada Setiabudi.

Lomba MUA (Make Up Artist)

Selain menghadirkan acara dengan sisi entertaint, seperti musik, Grab Semarang mengadakan lomba Make Up Artist. Beberapa peserta, wajahnya cukup familiar rasanya.

Sambil menunggu peserta selesai berdandan, acara juga diramaikan dengan berbagi tips tentang ma…