Lawan Berita Bohong, Masyarakat Semarang Deklarasi masyarakat Indonesia Anti Hoax di Car Free Day


Minggu awal bulan Januari 2017, suasana Car Free Day Semarang di jalan Pahlawan lebih ramai dari biasanya. Ada deklarasi masyarakat Indonesia Anti Hoax yang turut dihadiri Gubernur Jawa Tengah hari itu. Seperti apa suasananya.

Sudah sepekan berlalu, ternyata dotsemarang lupa kalau minggu kemarin ada acara seperti ini yang lupa dipublish di blog dotsemarang. Acara ini sejatinya dilaksanakan tanggal 8 Januari,  dan hari itu untunglah cuacanya cerah sehingga acara berlangsung dengan lancar.



Tujuan dari acara ini tentu untuk melawan berita bohong yang kian marak tersebar saat ini, khususnya di media sosial. Hoax sendiri adalah informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya.

Selama acara ini, banyak komunitas yang turut hadir mendukung gerakan anti hoax di Semarang. Tapi sayangnya, tidak ada komunitas bloger yang disebut di sana. Mungkin panitia lupa atau memang tidak ada komunitas bloger yang hadir.

Dalam kesempatan ini, selain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir, ada Ketua Kamar Dagang dan Industri Kota Semarang Arnaz Agung, Sekjen Ikatan Guru Indonesia Mampuono, dan GM Star Hotel Semarang sebagai wakil Pegiat Wisata Benk Mintosih.



Dalam kesempatan ini dibacakan juga 10 isi dari Piagam Masyarakat Anti Hoax yang diharapkan dapat mewujudkan dunia media sosial Indonesia yang lebih positif dan bersih dari fitnah, hasut dan hoax. Isinya sendiri ada di sini.

...

Perkembangan hoax di media sosial semula dilakukan untuk sarana pembulian. Namun dalam perkembangannya, banyak orang terutama dalam dunia politik, hoax dipakai sebagai alat black campaign di pesta demokratasi yang mempengaruhi persepsi pemilih.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?