Langsung ke konten utama

[Event] Melihat 40 Pelaku Industri Jasa Keuangan syariah di Keuangan Syariah Fair 2017 Semarang

Semarang menjadi kota pertama diselenggarakannya event Keuangan Syariah Fair 2017 yang tahun ini hanya diselenggarakan 3 kota (Semarang, Cirebon dan Jakarta). Kami sendiri hadir di hari kedua event yang digelar di Paragon Mall ini. Seperti apa suasananya?

Andai kami tak ikut rombongan bloger yang sedang melihat event ini, kami pasti tidak tertarik. Kebenaran juga hari sebelumnya, kami berkenalan dengan Manulife Syariah Sukuk Indonesia. Tren keuangan yang berbasis syariah semakin menarik saja menurut kami, disamping tren yang juga kami ikuti yaitu Fintech atau Financial Technology.

40 pelaku Industri Jasa keuangan di Semarang

Ternyata bermanfaat juga datang ke sini. Kami bisa melihat banyak pelaku industri jasa keuangan yang sudah mendukung syariah. Selain Manulife tentunya, ada bank-bank yang turut berpartisipasi dan lembaga lainnya. 

Mengutip situs akucintakeuangansyariah.com, para peserta yang mengikuti terdiri dari 19 pelaku IKNB Syariah (asuransi syariah, pembiayaan syariah, penjaminan syariah dan pergadaian syariah), 13 bank syariah, dan 8 manajer investasi dan perusahaan sekuritas. 

Daftar peserta jasa keuangan syariah di Semarang sebagai berikut Pegadaian Syariah, Mandiri Syariah, Aksrida Syariah, BRI Syariah, Chubb Syariah, OCBC NISP, Batavia Prosperindo, FWD Life, MNC Sekuritas, BNI Syariah, Mandala Finance, Jateng Syariah, Manulife Asset Management, WOM Finance, BCA Sariah dan masih banyak lagi (cek gambar).


Foto-foto Keuangan Syariah Fair 2017 Semarang


Salah satu acaranya adalah talkshow dari Manulife yang memperkenalkan produk terbarunya Syariah Sukuk Indonesia

Foto di atas ini bagaimana antusias mahasiswa yang datang ke acara ini. Ternyata saat kami bertanya, mereka sedang mengerjakan tugas. Wah, semacam mencari tahu juga yah.

Strategi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Sebagai penyelenggara, OJK sadar betul bahwa masyarakat Indonesia perlu terus mendapatkan edukasi agar lebih memahami terhadap produk dan jasa keuangan syariah. Lewat event ini, OJK berharap demikian.

"Kegiatan KSF merupakan salah satu strategi OJK untuk mendekatkan masyarakat dengan industri keuangan syariah dan sebagai sarana memperoleh informasi tentang keunggulan produk dan jasa keuangan syariah, serta memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang keunggulan produk dan jasa keuangan syariah yang sudah," ujar Edy Setiadi, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) I Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tujuan acara 

Keuangan Syariah Fair 2017 merupakan kelanjutan kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah yang diadakan setiap tahun. Keuangan Syariah Fair hadir dalam format pameran industri keuangan syariah dengan peserta dari bank syariah, pasar modal syariah dan IKNB Syariah.

“Tujuannya agar masyarakat bisa dekat dengan industri untuk meningkatkan awareness dan pemahaman masyarakat terhadap produk keuangan syariah. Harapannya investor semakin banyak, produk yang ditawarkan semakin bervariasi dan masyarakat semakin paham,” Edy Setiadi, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 1 Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

...

Postingan ini agak telat dari jadwal acara yang sebenarnya dimulai dari tanggal 12-14 Mei 2017. Tapi menurut kami, tema tentang keuangan syariah begitu menarik dan melengkapi tren yang sedang berkembang saat ini. Termasuk Fintech.

Selanjutnya, ada kota Cirebon yang akan menyelenggarakan pada bulan Agustus dan Jakarta di bulan Oktober. Acara ini memang tidak banyak kota yang berpartisipasi ketimbang tahun 2016, acara ini diikuti 5 kota sebagai tuan rumah. Lebih lengkapnya tentang acara ini dan referensi kami bisa lihat di situs akucintakeuangansyariah.com atau klik di sini.

Oh ya, Dewi Sandra turut hadir juga di sini dalam sesi sharing 'talk show' hari terakhir Keuangan Syariah Fair 2017 di Semarang.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

Agenda Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

Antusiasnya Peserta Semarang, kota Ketiga Program Internet Baik

Bertempat di hotel Santika Premiere, Telkomsel menyelenggarakan program Internet Baik. Program ini sendiri sudah berjalan dari tahun 2016. Tahun ini menjadikan kota Semarang sebagai kota ketiga setelah sebelumnya, Sukabumi dan Purwokerto.
Acara yang dilaksanakan selama 2 hari, Selasa (12/9) dan Rabu (13/9) mendapat antusias yang tinggi dari peserta yang hadir. Dari pantauan kami, peserta yang kebanyakan pengajar seperti guru dan komunitas memenuhi semua kursi yang tersedia di ruangan yang mampu menampung kurang lebih seribu orang.
Semarang yang sangat antusias
Menurut Arif, yang terjun menjadi pembawa acara profesional sejak tahun 2007 ini, menyatakan Semarang antusiasmenya sangat tinggi ketimbang kota sebelumnya, yaitu Sukabumi. Pria yang kini berusia 29 tahun ini sudah bertugas sebagai pembawa acara di 2 kota dalam program Internet Baik tahun 2017.
Arif Dermawan, pembawa Acara Internet Baik di Semarang "Peserta di Semarang lebih melek gadget, antusiasnya juga lebih tinggi, dan p…

Daftar Acara Festival Kota Lama 2017

Berikut daftar acara yang akan berlangsung di Festival Kota Lama 2017. Hari pertama, pembukaan, acara dimulai dengan gala dinner yang dimulai dari jam 6 sore. Selanjutnya, hari kedua yaitu hari minggu, Festival dimulai dari jam 6 pagi. Berikut detailnya.
Hari Pertama : Gala Dinner, pembuka Festival Kota Lama 2017
Malam minggu di Kota Lama bakal semarak dengan event Festival Kota Lama. Untuk membukanya, panitia sudah menyiapkan salah satu rangkaian acaranya, yaitu Gala Dinner.
Untuk bisa duduk di sini, panitia tidak memberi secara cuma-cuma. Kamu harus membayar dengan harga 200 ribu rupiah/orang. Tunggu dulu, ini kemahalan? Mungkin saja bagi sebagian. Namun bila melihat menu yang dihidangkan dan bagaimana ini dikemas dengan berbagai hiburan, mungkin kamu harus mencobanya. Mengingat acara ini setahun sekali.
Ini Menu Tempo Doeloe Toko Oen bila kamu mengikuti Gala Dinner : Nostalgische snacks: mini socijsbrood, amandel en bitterballen (pembuka: kumpulan snack favourit Toko Oen).Heldere tom…

[Photoblog] Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia 2017

September, event kuliner Semarang ini kembali digelar. Lokasinya, masih seperti sebelumnya yaitu Sri Ratu. Apakah kamu sudah mampir ke sini? Kira-kira ada apa saja yang ditawarkan?

Kami mohon maaf bila event ini sudah selesai saat kamu tertarik ingin berkunjung. Kami sarankan bila ingin tahu info acara yang ada di Semarang, sebelum terlambat datang, sebaiknya kunjungi halaman daftar agenda Semarang yang tiap bulan kami buat, atau klik di sini.


Event kuliner ini bertajuk Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia. Ada 60 stand kuliner yang mengikuti yang semuanya bertema sesuai tajuk festival.


Selain panggung hiburan yang menyemangati acara, terutama pengunjung, ada salah satu kuliner yang menurut kami mencuri perhatian di sini, yaitu Nasi Glewo. Kuliner khas Semarang ini populer di era 80-an, sayang keberadaannya sangat sulit ditemui. Alasannya karena banyak generasi penerusnya yang memilih tidak meneruskan usaha leluhurnya.

Nasi Glewo Khas SemarangšŸ‘ A post shared by @wirawan_aw on Sep 1…