Langsung ke konten utama

[Review] Event Prosesi Dugderan 2017


Tahun ini, acara tradisi dugderan dilaksanakan tanggal 24 dan 25 Mei 2017. Acara ini terbagi dua, yang pertama karnaval dugderan dengan peserta para pelajar. Sedangkan hari kedua, puncak acara, dikolaborasikan dengan karnaval dan prosesi dugderan yang menandakan bahwa esok hari sudah dimulainya bulan suci Ramadhan.

Wisatawan benar-benar dimanjakan selama bulan Mei di kota kami (baca Semarang). Setelah Semarang Night Carnival, Festival Banjir Kanal Barat, Loenpia Jazz dan kini, perayaan tradisi dugderan.

Karnaval dugderan yang diikuti peserta pelajar

Wah, kami ternyata kelewatan hari pertama acara Dugderan yang diselenggarakan hari Rabu pagi (24/5) dengan lokasi lapangan Simpang Lima. Acara hari itu seperti memang di fokuskan pada karnaval dengan peserta kebanyakan pelajar. Menurut Panitia, ada 14 ribu peserta dari 16 kecamatan yang berpartisipasi.

Rutenya sendiri mengambil jalur Simpang Lima menuju Pahlawan dan berakhir di Taman KB. Beberapa fotonya bia dilihat sebagai berikut :

Hari Kedua, prosesi Dugderan

Bila hari pertama dilaksanakan pagi hari, maka tidak dengan hari kedua yang dilakukan siang hari. Sejatinya acara Dugderan yang paling utama ada di hari kamis (25/2). Kamu bisa melihat proses acaranya mulai dari Balaikota hingga Masjid Agung Jawa Tengah. Ini benar-benar melelahkan untuk mengikutinya. Apalagi siang itu terik matahari berada di titik 36 derajat celcius.

Kami sendiri hadir di lokasi yang berada di jalan Pemuda pada pukul 1 siang. Kami pikir akan terlambat, namun ternyata acara masih berjalan di Balaikota, lokasi utama dimana dihadiri Walikota dan peserta untuk mengikuti berbagai prosesi seperti biasanya.

Antusias masyarakat yang menunggu di luar Balai Kota selalu menarik untuk diabadikan. Kami pikir ada ribuan di sini. Mereka lebih suka menunggu karnaval dan parade arak-arakan yang akan keluar menuju beberapa titik lokasi, seperti Masjid Kauman dan terakhir Masjid Agung Jawa Tengah.

Berikut beberapa foto yang kami abadikan menggunakan akun livedotsemarang :



Namun kami sayangkan meski riuhnya masyarakat yang memadati jalanan Pemuda, timeline Twitter kurang bergairah seperti tahun lalu. Padahal kami yakin bila tahun ini akan sangat meriah. Ya, melihat bagaimana Semarang Night Carnival dipromosikan dengan sangat baik, dan sudah hadirnya komunitas Pariwisata, tentu kami berharap sangat tinggi terhadap cara berpromosi mereka.

Dikira sudah selesai

Acara hari kedua setelah keluar dari Balaikota tampaknya kurang menarik, terutama susunan peserta yang berjalan melewati warga. Beberapa kali terhenti dan sempat kami pikir sudah selesai. Masyarakat yang tak menyadari bahwa acara belum selesai sepertinya langsung terlanjur bubar.

Ternyata rombongan Walikota dan pejabat serta lainnya yang menggunakan kereta kuda baru mau lewat. Jalanan kembali ramai, dan mereka yang sudah memutuskan pergi menggunakan kendaraan menjadikan jalanan tidak begitu sedap dipandang.

Kehilangan momen

Kami memutuskan berhenti sampai sini. Kami tidak mengikuti prosesi yang berlanjut ke Masjid Kauman dan Masjid Agung Jawa Tengah. Tapi, jangan kecewa. Kami punya foto dokumentasinya yang berasal dari akun Instagram dan kami post di Twitter. (Sumbernya ada dibagian bawah kanan).

Slideshow prosesi dugderan di Masjid Kauman




...

Sebagai tradisi tiap tahun yang diselenggarakan menyambut puasa, dan sudah masuk kalender agenda wisata Semarang, acara ini sangat menarik untuk dilihat. Bulan Mei tahun 2017 tampak lebih menarik karna puasa berdekatan dengan hari jadi kota Semarang. Banyak event yang disuguhkan dan kamu harus hadir tahun depan.

Yang menarik dari acara ini adalah bunga Manggar dan patung Warak Ngendok yang dibawa. Masyarakat sangat antusias mengambil bunga Manggar yang katanya, menurut warga yang kami kutip dari situs Suara Merdeka, memiliki simbol kebahagiaan.

Namun kami juga harus menggaris bawahi bahwa tahun ini, acara Dugderan kurang mendapat antusias bagi penghuni Twitter. Tahun ini masih seperti tahun sebelumnya di mana dugderan tidak bercokol di Trending Topik seperti event-event lainnya. Oh ya, sepertinya Instagram lebih menarik ketimbang Twitter untuk acara ini.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sektor Unggulan Semarang Tahun 2017 Ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Konten

Ini kabar baik bagi untuk kami tentunya dalam hal produksi konten dan mendukung kota Semarang. Semenjak bulan Juli 2017, Badan Ekonomi Kreatif telah memverifikasi 4 sektor unggulan Semarang, diantaranya fesyen, arsitektur, game dan aplikasi. Selengkapnya.
Mengutip laman resmi kota Semarang, semarangkota.go.id, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa di akhir bulan Juli, Pemerintah Kota Semarang mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif 3 sub sektor unggulan Kota Semarang. Arsitektur, game dan aplikasi, serta sub sektor fashion. Dan ketiga usulan tersebut telah diverifikasi dan ditetapkan.
Dari ke-4 sektor, fashion yang kami update sebelumnya di sini, sudah mendapatkan panggung yang dipromosikan pemerintah dengan membuat acara di Kota Lama. Dan tentu, ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membuktikan apakah fashion merupakan sektor unggulan kali ini.
Dari dotsemarang, kami melihat ini adalah peluang baik untuk fokus pada konten yang berhubungan dengan sektor unggulan k…

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Event Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

Ikutan Lomba Blog Tentang Pesona Kabupaten Semarang, Yuk!

Kami punya kabar gembira buat kamu yang suka menulis lewat blog. Terutama segmen-segmen seperti wisata, kuliner, budaya dan sebagainya. Selain itu, hadiah bagi bloger yang menang nanti sangat menggiurkan. Tertarik?
Kabar baik ini bukan titipan sponsor maupun iklan. Kali ini, aktivitas dotsemarang bukan sebagai media partner atau blog partner, buzzer dan sebagainya. Namun aktivitas kami ini sebagai juri lomba blog yang diadakan dinas Pariwisata Kabupaten Semarang yang kantonya ada di Ungaran atau daerah Semarang atas (kami menyebutnya seperti itu).
Tema lomba blog
Yang terbiasa mengikuti kompetisi Liga Blogger Indonesia tentu lomba-lomba seperti ini makanan yang empuk. Karena kompetisi sedang libur, maka lomba ini bisa jadi alternatif buat diikuti.
Tema lomba blog dinas Pariwisata Kabupaten Semarang sendiri adalah tentang Pesona Kabupaten Semarang yang berhubungan dengan wisata, kuliner, budaya, minat khusus dan lain-lain.
Hadiah yang menggiurkan
Bagi kamu yang masuk kategori umum, hadi…