Berpuasa Sambil Berwisata di Masjid Kapal Semarang


Tempat Wisata baru di Semarang ini, Masjid Kapal, menemukan momentumnya saat bulan puasa. Banyak orang yang berkunjung tanpa ragu, mulai dari anak muda, remaja hingga mereka yang sudah berkeluarga. Apakah kamu juga ingin berkunjung ke sini?

Sebelum kamu tertarik untuk datang, kamu bisa lihat dulu postingan kami sebelumnya tentang video suasana Masjid Kapal Semarang yang kami publish bulan April kemarin di sini. Waktu itu tempat ini sangat viral di dunia maya.  

Ada apa saja di bulan Ramadan?

Saat kami ke sini siang hari, banyak wisatawan yang berkunjung dengan memanfaatkan berfoto-foto. Mereka seakan menghiraukan panasnya terik matahari siang itu. Mungkin sudah terlalu antusias dan memang menyenangkan mendapatkan spot foto bagus seperti ini.


Masuk ke dalam, ruangan lebih adem dan nyaman. Lantai pertama oleh pihak pengurus dijadikan tempat untuk pengunjung beristirahat. Mereka mungkin sadar yang berkunjung bukan hanya dari warga Semarang saja, tapi dari luar kota.

Masih di lantai pertama, mata kami memandang, ada tempat yang dibuat untuk dijadikan balai pengobatan. Lumayan ramai juga yang ngatri. Tempat tersebut buka dihari tertentu saja, seperti hari Minggu yang kami datangi hari ini, lalu Senin, Selasa dan Sabtu.

Naik ke lantai 2, tempat ini lebih digunakan buat kegiatan ibadah. Beberapa pengunjung memanfaatkan waktu mereka dengan shalat yang kebenaran sudah waktu salat Ashar.

Apakah Masjid Kapal ini sudah digunakan buat kegiatan bulan Ramadan? Ternyata belum. Mengutip situs Solopos.com (28/5/2017), bulan Ramadan di sini seperti buka bersama, salat tarawih dan sebagainya, memang belum ada. 

Mungkin sambil menunggu bangunannya selesai 100%, mengingat saat kami ke sini, banyak perbaikan yang dilakukan beberapa orang.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan di sini?

Kalau melihat banyak aktivitas yang dilakukan pengunjung, mereka paling suka foto selfie atau swafoto. Foto-foto dengan background kapal sangat menarik, terutama kamu yang eksis di Instagram.

Lurus mata memandang ke depan, di sana sebagian orang sedang berobat
Dikelilingi pematang sawah, tempat ini sangat menarik buat diabadikan di Instagram
Menjelang sore, lapak-lapak para pedagang mulai terisi. Terutama kuliner
Ada 3 lantai sebenarnya, namun saat kami ke sini, masih dalam tahap renovasi.

Beberapa keluarga yang datang, ada juga yang melaksanakan ibadah di sini, seperti shalat. Mungkin air wudhu dan ruangan yang sejuk di sini bisa membuat rasa nyaman saat kamu merasa lelah setelah berkeliling karna rasa penasaran melihat dari dekat bangunan masjid di sini.

Kalau kamu datang akhir pekan, kamu bisa berpuasa sambil berwisata. Menghabiskan waktu di sini sepertinya tak terasa, dan tahu-tahu sudah waktunya berbuka. Soal menu buka nanti, jangan khawatir. Para pedagang yang ada di luar komplek masjid sudah ramai menjual makanan mereka sebelum waktu berbuka tentunya.

Kalau kamu mau bersedekah, mungkin kamu bisa menyisihkan sedikit materi dengan memasukkan uang di kotak yang tersedia. Atau seperti yang kami tulis sebelumnya, kamu tertarik dengan pengobatan, bisa lihat juga di sini. Biasanya orang tua tertarik melihatnya.

...

Postingan selanjutnya, kami akan menceritakan bagaimana menuju ke lokasi Masjid Kapal. Seperti apa suasananya dan ada apa saja selama perjalanan. Mungkin kamu ingin mencoba menggunakan beberapa transportasi semisal tidak memiliki kendaraan.
Baca lanjutan perjalanan kami ke Masjid Kapal 

Alamat Masjid Kapal Semarang sendiri sangat mudah kamu temukan semisal kamu mencarinya di mesin pencari atau google Map. Berada di jalan Kyai Padak, Podorejo, atau daerah Ngaliyan.

Selama bulan puasa ini, Masjid Kapal Semarang bisa kamu jadikan alternatif menghabiskan waktu dan sekaligus tempat berwisata. Namun yang perlu diperhatikan, jangan buka sebelum waktunya buka. Haha... siapa tahu kehausan karna saking asyiknya mengeksplore seluruh bangunan.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap 

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?