Langsung ke konten utama

Event Arak-arakan Sam Poo 2017


Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.

Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5. Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.

Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana

Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.

Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.

Jadwal lengkap arak-arakan Sam Poo

Hari pertama, 21 Juli atau hari Jumat, dilaksanakan sembahyang Agung, pesta seni, pameran, bazar dan kuliner. Lokasinya di Sam Poo Kong.

Hari kedua, 22 Juli atau hari Sabtu, dilaksanakan acara kirab budaya atau arak-arakan yang biasanya dimulai pagi-pagi sekali. Rute yang diambil dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok yang dimulai dari jam 5 pagi.

Siang harinya, arak-arakan kembali ke tempat awal. Rute yang diambil adalah dari Klenteng Sam Poo Kong menuju Klenteng Tay Kak Sie. Kadang kami tidak sabaran, sehingga jarang mengikuti bagian keduanya (siang harinya).

Belajar dari event tahun lalu, jika menunggu di dekat Klenteng Sam Poo Kong, arak-arakan tiba di atas jam 7 pagi. Rute yang begitu panjang mempengaruhi waktu biasanya. Bila kamu ingin ke sini membawa kendaraan, di lokasi sudah ada tempat parkir yang disediakan. Hanya saja jangan lebih dari jam 8 pagi, sulit dan macet biasanya.

Sepi dan kami gagal mengikuti

Tahun ini, merupakan tahun kedua kali kami datang ke Sam Poo Kong setelah tahun 2016. Sayangnya, harapan kami melihat arak-arakan lebih dekat ternyata gagal karna tidak tepat waktu. Acara benar-benar di luar harapan yang kami pikirkan bahwa lewat jam 7 sedikit, acara masih bisa diikuti. Sampai lokasi, ternyata semua peserta arak-arakan sudah masuk.

Selain itu, ternyata tahun ini arak-arakan tidak masuk lewat pintu utama seperti tahun-tahun sebelumnya. Melainkan lewat pintu samping atau belakang (dekat lampu lalu lintas). Dan suasanya tidak semeriah dulu meski semua peserta arak-arakan sudah masuk ke dalam.

Tahun lalu, meriahnya bisa kami rasakan hingga acara selesai. Dan saat kami tanya beberapa orang, petugas keamanan (Satpam) dan penjual bendera, mereka mengiyakan memang tahun ini sepi. Alasannya sepertinya karna bukan hari libur atau tanggal merah.

Sama seperti tahun lalu, kami tahun ini pun tidak masuk ke dalam (bila harus masuk pintu utama, biasanya ada tiketing). Jadi tidak tahu seperti apa meriahnya suasana. Meski begitu, kami berikan dokumentasi foto dan video di bawah ini yang kami ambil dari Instagram.


...

Di buku Calender of Event 2017 kota Semarang, jadwal untuk acara ini memang tidak lengkap dan menaruh acaranya di bulan Agustus. Namun jadwal yang beredar di Twitter, acara ini memang dilaksanakan bulan Juli, tepatnya minggu ketiga.

Sampai jumpa tahun depan.
Foto cover paling atas, diambil tanggal 22 Juli 2017.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Melihat Lebih Dekat Sleep & Sleep, Penginapan Kapsul Pertama di Semarang

Saat kami sedang menyiapkan agenda apa saja yang menarik untuk kamu agar mau berkunjung ke kota Semarang, kami menemukan hotel kapsul Semarang yang diposting di Youtube. Menarik sekali! Apalagi buat kami yang baru tahu soal ini.
Entah kemana saja kami selama ini yang tidak tahu soal Sleep & Sleep yang lokasinya berada di jalan Imam Bonjol dan bangunannya yang jadi satu dengan kampus Unaki ini.
Bila melihat Instagramnya, penginapan ini resmi beroperasi sejak bulan April 2017 dan bentar lagi udah setahun berjalan.
Rasa penasaran kami membawa kami ke penginapan yang harganya sangat-sangat murah ini untuk per-malamnya. Kurang dari 50 ribu saat kami kunjungi. Namun harga ini masih promo. Setelah promo harganya berkisar  antara 80 -100 ribu rupiah.
Bayangkan bila kamu datang ke Semarang karena ada acara semacam wisata, tour, meeting, kantor di sini (Semarang), tentu bisa banyak menghemat  pengeluaran. 

Tour hotel
Kami diberi kesempatan bagus oleh pihak penginapan yang sangat ramah menya…

Membangun Persepsi Lewat Bloger

Hari ini kami membawamu ke sebuah konten yang berhubungan dengan pemasaran atau marketing. Kami memasukkan pengalaman kami ke dalam artikel ini dengan tujuan bahwa sangat penting membangun persepsi dari apa yang kami review atau posting. Tertarik?

Persepsi memiliki banyak pengertian, kami menggunakan pengertian persepsi sebagai berikut, pandangan, gambaran, atau anggapan.

Saat beberapa pihak mengajak kami untuk mengulas sebuah acara, produk atau hal lainnya, pihak tersebut berarti sedang membangun persepsi.

Contohnya begini, kamu adalah orang pemasaran yang ditugasin memperluas jangkauan audience dari produkmu atau acaramu agar lebih dikenal banyak orang dengan segmentasi berbeda.

Bila kamu mengandalkan media resmi, maka hasil akhirnya adalah informasi yang dibawa ke Internet merupakan informasi biasa. Dan kami akui, media resmi punya nilai kepercayaan lebih besar ketimbang kami.

Namun bila membawa bloger atau influencer ke dalam programmu (acara/produk) untuk mendapatkan sesuatu yan…

[Photoblog] Taman Kasmaran Semarang

Taman baru ini punya nama unik dan lokasi yang menarik. Kehadirannya kami catat bersamaan dengan Taman Citra Satwa yaitu, bulan desembar 2017. Berikut foto-foto yang kami dokumentasikan.
Kami mengunjungi Taman Kasmaran yang terletak di depan Lapangan sepakbola Kalisari atau satu kawasan dengan Kampung Pelangi ini hari Rabu, 17 Januari 2018. 
Rencananya kami tidak ingin buru-buru membawanya ke blog dotsemarang, namun melihat antusias di Instagram yang kami bagi fotonya sangat bagus, kami luluh juga.

Ketahui dulu, taman ini berada di lantai dua bangunan yang berdiri di sana (gambar). Halaman yang luas bisa digunakan untuk parkir. Jadi jangan khawatir soal di mana menaruh kendaraan.

Bila kamu pikir ini mirip gardu pandang, maka kamu benar. Karena kita bisa melihat pemandangan dari Kampung Pelangi. Bagian bawah bangunan ini menjadi ruko dan sepertinya akan jadi tempat kuliner.

Mengutip travel.kompas.com (9/1/2018), nama taman itu bukan karena orang yang tengah di mabuk asmara, namun lebi…

[Tips] Menulis Blog Untuk Manusia Itu Penting, Tapi Konten Juga Harus Menarik Perhatian Mesin

Halaman ini berisi materi persentasi yang dibawakan oleh 2 orang jurnalis dalam acara Campus Roadshow Beat the Movement Asian Games 2018 di kampus Universitas Negeri Semarang pada desember 2017. Salah satu tips menariknya adalah seperti judul di atas. Berikut tips lainnya dari materi yang dipersentasikan.

Banyak materi bagus sebenarnya yang menarik dari acara roadshow kemarin yang secara keseluruhan sebenarnya sudah kami publish di halaman review acara di sini.

Hanya saja untuk mengembangkan konten lainnya, khususnya kategori tips yang terakhir kali kami update bulan Oktober 2017,  halaman ini merupakan tulisan terbaru dari label tersebut.

Kami pikir halaman yang berisi kumpulan materi persentasi yang dibawakan Roderick Adrian Mozes, Sports video journalism dan Firzie Adrian Idris, Managing Editor Bolasport.com ini sangat berguna dan penting. Jadi silahkan melihat sampai akhir.

Menulis untuk mesin

Menulis untuk manusia itu memang penting, tapi jangan lupa juga menulis buat mesin. Ungk…