Event Arak-arakan Sam Poo 2017


Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.

Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5. Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.

Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana

Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.

Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.

Jadwal lengkap arak-arakan Sam Poo

Hari pertama, 21 Juli atau hari Jumat, dilaksanakan sembahyang Agung, pesta seni, pameran, bazar dan kuliner. Lokasinya di Sam Poo Kong.

Hari kedua, 22 Juli atau hari Sabtu, dilaksanakan acara kirab budaya atau arak-arakan yang biasanya dimulai pagi-pagi sekali. Rute yang diambil dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok yang dimulai dari jam 5 pagi.

Siang harinya, arak-arakan kembali ke tempat awal. Rute yang diambil adalah dari Klenteng Sam Poo Kong menuju Klenteng Tay Kak Sie. Kadang kami tidak sabaran, sehingga jarang mengikuti bagian keduanya (siang harinya).

Belajar dari event tahun lalu, jika menunggu di dekat Klenteng Sam Poo Kong, arak-arakan tiba di atas jam 7 pagi. Rute yang begitu panjang mempengaruhi waktu biasanya. Bila kamu ingin ke sini membawa kendaraan, di lokasi sudah ada tempat parkir yang disediakan. Hanya saja jangan lebih dari jam 8 pagi, sulit dan macet biasanya.

Sepi dan kami gagal mengikuti

Tahun ini, merupakan tahun kedua kali kami datang ke Sam Poo Kong setelah tahun 2016. Sayangnya, harapan kami melihat arak-arakan lebih dekat ternyata gagal karna tidak tepat waktu. Acara benar-benar di luar harapan yang kami pikirkan bahwa lewat jam 7 sedikit, acara masih bisa diikuti. Sampai lokasi, ternyata semua peserta arak-arakan sudah masuk.

Selain itu, ternyata tahun ini arak-arakan tidak masuk lewat pintu utama seperti tahun-tahun sebelumnya. Melainkan lewat pintu samping atau belakang (dekat lampu lalu lintas). Dan suasanya tidak semeriah dulu meski semua peserta arak-arakan sudah masuk ke dalam.

Tahun lalu, meriahnya bisa kami rasakan hingga acara selesai. Dan saat kami tanya beberapa orang, petugas keamanan (Satpam) dan penjual bendera, mereka mengiyakan memang tahun ini sepi. Alasannya sepertinya karna bukan hari libur atau tanggal merah.

Sama seperti tahun lalu, kami tahun ini pun tidak masuk ke dalam (bila harus masuk pintu utama, biasanya ada tiketing). Jadi tidak tahu seperti apa meriahnya suasana. Meski begitu, kami berikan dokumentasi foto dan video di bawah ini yang kami ambil dari Instagram.

...

Di buku Calender of Event 2017 kota Semarang, jadwal untuk acara ini memang tidak lengkap dan menaruh acaranya di bulan Agustus. Namun jadwal yang beredar di Twitter, acara ini memang dilaksanakan bulan Juli, tepatnya minggu ketiga.

Sampai jumpa tahun depan.
Foto cover paling atas, diambil tanggal 22 Juli 2017.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?