Langsung ke konten utama

Event Arak-arakan Sam Poo 2017


Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.

Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5. Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.

Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana

Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.

Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.

Jadwal lengkap arak-arakan Sam Poo

Hari pertama, 21 Juli atau hari Jumat, dilaksanakan sembahyang Agung, pesta seni, pameran, bazar dan kuliner. Lokasinya di Sam Poo Kong.

Hari kedua, 22 Juli atau hari Sabtu, dilaksanakan acara kirab budaya atau arak-arakan yang biasanya dimulai pagi-pagi sekali. Rute yang diambil dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok yang dimulai dari jam 5 pagi.

Siang harinya, arak-arakan kembali ke tempat awal. Rute yang diambil adalah dari Klenteng Sam Poo Kong menuju Klenteng Tay Kak Sie. Kadang kami tidak sabaran, sehingga jarang mengikuti bagian keduanya (siang harinya).

Belajar dari event tahun lalu, jika menunggu di dekat Klenteng Sam Poo Kong, arak-arakan tiba di atas jam 7 pagi. Rute yang begitu panjang mempengaruhi waktu biasanya. Bila kamu ingin ke sini membawa kendaraan, di lokasi sudah ada tempat parkir yang disediakan. Hanya saja jangan lebih dari jam 8 pagi, sulit dan macet biasanya.

Sepi dan kami gagal mengikuti

Tahun ini, merupakan tahun kedua kali kami datang ke Sam Poo Kong setelah tahun 2016. Sayangnya, harapan kami melihat arak-arakan lebih dekat ternyata gagal karna tidak tepat waktu. Acara benar-benar di luar harapan yang kami pikirkan bahwa lewat jam 7 sedikit, acara masih bisa diikuti. Sampai lokasi, ternyata semua peserta arak-arakan sudah masuk.

Selain itu, ternyata tahun ini arak-arakan tidak masuk lewat pintu utama seperti tahun-tahun sebelumnya. Melainkan lewat pintu samping atau belakang (dekat lampu lalu lintas). Dan suasanya tidak semeriah dulu meski semua peserta arak-arakan sudah masuk ke dalam.

Tahun lalu, meriahnya bisa kami rasakan hingga acara selesai. Dan saat kami tanya beberapa orang, petugas keamanan (Satpam) dan penjual bendera, mereka mengiyakan memang tahun ini sepi. Alasannya sepertinya karna bukan hari libur atau tanggal merah.

Sama seperti tahun lalu, kami tahun ini pun tidak masuk ke dalam (bila harus masuk pintu utama, biasanya ada tiketing). Jadi tidak tahu seperti apa meriahnya suasana. Meski begitu, kami berikan dokumentasi foto dan video di bawah ini yang kami ambil dari Instagram.


...

Di buku Calender of Event 2017 kota Semarang, jadwal untuk acara ini memang tidak lengkap dan menaruh acaranya di bulan Agustus. Namun jadwal yang beredar di Twitter, acara ini memang dilaksanakan bulan Juli, tepatnya minggu ketiga.

Sampai jumpa tahun depan.
Foto cover paling atas, diambil tanggal 22 Juli 2017.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Grab Express, Layanan Kirim Paket Kecil Dalam Kota ini Tersedia di kota Semarang

Semisal kamu sedang ingin mengadakan acara bersama teman-teman dan barang yang sudah kamu bawa harus segera kamu berikan, tapi kamu masih mencari yang lain, salah satu solusinya bisa gunakan layanan kurir Grab ini. Penasaran?

Gambar di atas hanyalah ilustrasi yang modelnya merupakan teman kami. Kami lebih tertarik dengan kampanye yang digunakan lewat tagar #ILOVEGRABEXPRESS dengan disisipi tagline kiriman beres, PakaiGrabExpress.

Nama layanan ini adalah Grab Express, yang tentu punyanya si Grab. Hadir sejak tahun 2015 dengan kota terbatas, kini layanan pengirim barang dan dokumen ini tersedia di kota Semarang.

Sebagai bukan pengguna Grab, kami baru mengetahuinya saat hadir di acara Grabexpress Experience Corner yang dilaksanakan di ADA Setiabudi, Minggu (8/4). Ulasannya sudah ada di blog, atau langsung klik di sini.

Apa itu  GrabExpress ?

Mengutip dari situs resminya Grab, GrabExpress adalah layanan kurir ekspres menggunakan GrabBike yang menjanjikan kecepatan, kepastian, dan yang pali…

Agenda Semarang Maret 2018

Selamat datang bulan Maret. Bulan ini datang lebih awal karena Februari mengakhiri kalendernya hanya sampai angka 28 saja. Bulan ketiga ini ada acara besar yang mengusung karnaval yang wajib kamu tandai untuk berkunjung ke Semarang. Apakah kamu bulan ini berencana datang ke sini?

Agenda rutin : [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)Agenda lainnya : [1-5 Maret] - Finance & UMKM Expo di Mal Ciputra.[2-4 Maret] - Garuda Indonesia Travel Fair di Paragon Mall[8-11 Maret] - Wedding 2018 di New PRPP Convention Center.[9-11 Maret] - Semarang Clothing Festival 2018[9 Maret] - Pameran Produk Kreatif.[11 Maret] - Sema…

Jadwal Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Semarang Hari Ini

Film Indonesia yang ditayangkan di Semarang diputar di Cinema 21 - Mall Ciputra (Simpang Lima) lantai 2 (paling atas).
Harga tiket Senin - Kamis ; Rp. 30.000.


Ikuti perkembangan seputar film Indonesia dengan mengikuti;
Twitter : @kofindo
Facebook ; PecintaFilmIndonesia / Kofindo



Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotsemarang
Email : dotsemarang [@] gmail.com

[Photoblog] Begini Cara Grab Promosikan Layanan Kurir Ekspres di Semarang

Lewat acara yang dilangsungkan di ADA Setiabudi, Minggu (8/4), Grab mencoba mengenalkan salah satu layanan mereka berbasis kirim barang atau dokumen yang dinamakan GrabExpress. Seperti apa cara mereka melakukannya?

Ini adalah postingan kedua kami tentang Grab yang kami masukkan dalam kategori transportasi online. Kali ini kami datang dengan membawa acara mereka yang kami turut hadiri.

Grabexpress Experience Corner

Grab Semarang terus gencar mempromosikan layanan mereka kepada masyarakat. Beberapa kali kami melihat mereka hadir di beberapa acara dengan membuka stan.

Namun kali ini, Grab Semarang melakukannya lebih besar dengan membuat acara offline yang memanfaatkan halaman depan pintu masuk Ada Setiabudi.

Lomba MUA (Make Up Artist)

Selain menghadirkan acara dengan sisi entertaint, seperti musik, Grab Semarang mengadakan lomba Make Up Artist. Beberapa peserta, wajahnya cukup familiar rasanya.

Sambil menunggu peserta selesai berdandan, acara juga diramaikan dengan berbagi tips tentang ma…