Langsung ke konten utama

Dilema Strategi City Branding


Istilah City Branding tidak asing ditelinga kami, hanya saja kami tidak sadar bahwa kami kehilangan konten tentang City Branding atau Citra kota ini di blog dotsemarang. Yang jelas, kami bukan pakar untuk menjelaskan secara terperinci soal membangun kota. Ini murni artikel yang sangat menarik dan sayang dilewatin begitu saja.

Buat yang ingin mencari tahu tentang pengertian City Branding, kami kasih sedikit pengertian yang dikutip dari situs kanal.web.id (30/8/2015). City branding adalah upaya strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di regional maupun global. 

Dengan adanya city branding dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas kegiatan, saran serta budaya yang ada di kota tersebut.

Dilema City Branding Strategy

Kalimat di atas ini merupakan judul yang diangkat di majalah Mix edisi 04/XIV. Halaman yang ditulis Aruman ini sangat menarik untuk menambah konten kami yang mulai dari sini, kami akan mengulas City Branding.

Tulisan di halaman 28 tersebut dimulai dengan sebuah negara bagian Amerika Serikat Tengah yang bernama Michigan. Tahun 2008, kota ini meluncurkan kampanye merek mereka dengan sebutan Pure Michigan.  

Tulisan berikutnya mengenai Globalisasi dan tempat-tempat lokal. Ya, globalisasi menyiratkan sebuah perkembangan menuju interdependensi (hubungan saling ketergantungan) sistematik berskala dunia. 

Dalam proses itu, batas antara pertukaran dan hubungan interaktif menjadi kabur. Pada gilirannya, globalisasi mengubah secara dramatis konteks masyarakat lokal. Namun, tempat-tempat lokal tetap penting bahkan di dunia global. Ini karena pergerakan orang, modal, ekonomi dan sosial tetap berlabuh di tempat-tempat tertentu. 

Karena aliran sumber yang melintas batas wilayah makin meningkat. Beberapa pemerintah kota semkain khawatir dengan peran mereka dalam ekonomi global sehingga meningkatkan minat mereka terhadap pemasaran kota yang berorientasi Internasional. 

5 Hal yang kami petik dari tulisan dilema city branding tersebut

Hampir semua kota kini melakukan kampanye promosi bisnis kota untuk menarik investasi asing langsung. Mulai dari menyediakan tempat untuk lembaga Internasional, menyelenggarakan acara internasional besar atau mempromosikan pariwisata.

Dari tulisan yang dimuat di halaman 29 ini, kami mendapatkan kesimpulan sebagai berikut tentang dilemanya strategi city branding :

1. Strategi promosi yang berorientasi menarik investasi, memang sangat mahal dan sangat beresiko. Apalagi bila tidak didasarkan pada kekuatan lokal yang nyata, manfaat mungkin tidak bisa bertahan lama karena akan ada kota lain yang menawarkan proporsi serupa, malah lebih baik.

2. Tidak cocok buat kota dengan peringkat menengah dan bawah yang memiliki sedikit keunggulan khusus dalam kompetisi antar kota global. Untuk mengatasi ini, harus melakukan pendekatan lain yang lebih banyak mendukung menghidupkan ekonomi yang ada dan menarik sumber daya baru dari arus nilai global.

3. Tidak memiliki budaya yang kuat dalam penerapan city / place branding dalam konteks ekonomi global. Mengingat budaya dapat menyatukan produk dan memberikan nilai yang lebih besar bagi sebuah kota. 

Biar tidak ada kemiripan dengan kota lain, maka kota harus menampilkan sesuatu yang berbeda dalam budaya tersebut.

4. Tagline yang kuat. Meskipun tidak penting, tagline dapat membantu dalam menyampaikan makna kognitif (berhubungan dengan atau melibatkan kognisi) suatu simbol visual. Hal ini dapat menjadi sarana utama untuk menyampaikan pesan, yang memungkinkan seseorang membangun interpretasi lebih simbolis untuk sebuah visual. Slogan yang terbaik lebih baik kurang dari tiga kata yang menyiratkan arti.

5. Tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang.  Ada segmen tertentu yang memiliki kebutuhan tertentu. Karena itu, sebuah kota dianjurkan fokus pada keunggulan tertentu seperti alam, sungai, menara jam, tempat untuk sekolah, bisnis, pertemuan, warisan budaya dan sebagainya.

Setiap yang ditampilkan harus memberi ruang bagi pesan tunggal dengan dampak terbesar pada audience terbesar, baik penduduk dan pengunjung. 

...

Beberapa artikel kami tentang city branding sebenarnya ada, tapi telah terhapus saat kami berpindah paltform dari dotcom ke blogspot. Kami lupa untuk memback up konten tersebut.

Halaman ini merupakan perdana artikel tentang City Branding dan akan diupdate seterusnya. Kamu bisa mencari tulisan ini nantinya lewat searching di blog kami atau lewat label/kategori yang kami buat dengan nama city branding.

Sekali lagi, kami menempatkan diri sebagai penyedia dan pembuat konten, bukan seorang pakar atau ahli yang bicara soal city branding. 

Majalah Mix edisi bulan April - Mei 2017 ini sangat menarik. Selain konten ini, ada konten lain yang juga kami masukkan dalam blog dotsemarang.

Kamu yang tertarik dengan City Branding, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Peringatan Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang Tahun 2017

Salah satu agenda bulan Oktober di Semarang yang berhubungan dengan sejarah adalah Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang. Peringatan ini selalu digelar tiap tanggal 14 Oktober. Halaman ini berisi video dari Youtube.

Tahun lalu, tanggal 14 Oktober 2016 jatuh pada hari Jumat. Sedangkan tahun ini, tanggal 14 Oktober 2017 jatuh pada hari Sabtu. Selisih sehari saja. Seperti tahun lalu juga, tahun ini kami juga tidak dapat berpartisipasi langsung untuk melihat lebih dekat suasana yang digelar di kawasan Tugu Muda.

Kalau sudah event ini dilaksanakan, ruas jalan menuju Tugu Muda pasti ditutup. Selain ada panggung yang berada tepat di depan Museum Mandala Bhakti, kawasan ini memang harus bebas kendaraan. Dalam peringatan sejarah ini, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjadi Inspektur Upacara.

Mewakili halaman ini untuk memberikan gambaran suasana selama acara, kami mengambil beberapa video dari Youtube. Sesekali memasukkan video ketimbang foto perlu dilakukan agar konten lebih menarik.



Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Ada Pusat Toko Handphone di Lantai Basement Java Mall

Java Mall yang kami kenal adalah salah satu tempat pameran handphone maupun komputer yang paling rutin dan konsisten. Animonya selalu bagus ketimbang mal-mal yang ada di Semarang. Dan baru-baru ini, kami mengetahui adanya pusat toko handphone di sini.

Bertepatan dengan pameran handphone yang berlangsung kemarin, Semarang Mobile Expo (Semox) yang digelar dari tanggal 10-16 Oktober, kami mampir ke lantai basement (akses parkir mobil paling bawah). Seperti gambar di atas, begitu suasana yang kami lihat waktu itu. Mungkin sudah kemalaman dan beberapa toko ada yang mengikuti pameran.

Ini kabar baik sebenarnya bila sedang mencari toko handphone saat sedang berkunjung ke mal yang berada di jalan MT. Haryono dan bersebelahan dengan Star hotel ini.

Sayang lokasinya kurang strategis untuk pengunjung seperti kami. Namun berbeda bagi pengunjung yang langsung mengakses mal dari tempat parkir menuju Hypermart.

Untuk mengunjungi pusat handphone di Java Mall yang tidak datang dari lantai basement, k…

Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Bulan Oktober

Perhatian kami tertuju pada Zenfone 4 Selfie yang sudah hadir di pameran Handphone yang berlangsung bulan Oktober di Java Mall Semarang ini. Harganya mendekati 3,5 juta. Apakah kamu ada rencana membelinya bulan ini?
Jangan heran bila kami memilih daftar harga Zenfone ini dimasukkan dalam blog dotsemarang. Sebagai salah satu pengguna, daftar produk dari ASUS ini sudah banyak menghiasi kategori blog kami.
Bila melihat daftar harga dari gambar di atas, harganya tidak jauh beda dengan harga online sebenarnya. Namun karena berada di pameran handphone, biasanya penawaran cicilan menjadi alternatif untuk membawa Smartphone ini ke rumah.
Untuk spesifikasi beberapa produk ASUS di atas bisa kamu lihat di sini, seperti Zenfone 4 Max yang baru dilaunching bulan September kemarin. Atau Zenfone Zoom S yang punya kamera keren bagi pecinta fotografi. Pameran Handphone Bulan Oktober di Semarang Rencananya minggu keempat atau minggu depan, akan digelar acara Grand Launching ASUS Zenfone 4 Selfie di Jak…

Agenda Semarang Oktober 2017

Selamat datang, Oktober. Bulan ini ada yang sangat spesial buat bloger Indonesia. Kita akan merayakan semangat kebersamaan dengan memaknai hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, besok. Di Semarang sendiri tentu tak kalah seru dengan berbagai acara, yuk datang ke Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.[Jumat - Minggu] - Sam Poo Kong Warak Ngendok Bazaar Kuliner selama Oktober. Mulai jam 9 pagi sampai 9 malam di Sam Poo Kong.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [29 September - 1 Oktober] - BSB Property Expo 2017 di Paragon M…