Langsung ke konten utama

Dilema Strategi City Branding


Istilah City Branding tidak asing ditelinga kami, hanya saja kami tidak sadar bahwa kami kehilangan konten tentang City Branding atau Citra kota ini di blog dotsemarang. Yang jelas, kami bukan pakar untuk menjelaskan secara terperinci soal membangun kota. Ini murni artikel yang sangat menarik dan sayang dilewatin begitu saja.

Buat yang ingin mencari tahu tentang pengertian City Branding, kami kasih sedikit pengertian yang dikutip dari situs kanal.web.id (30/8/2015). City branding adalah upaya strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di regional maupun global. 

Dengan adanya city branding dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas kegiatan, saran serta budaya yang ada di kota tersebut.

Dilema City Branding Strategy

Kalimat di atas ini merupakan judul yang diangkat di majalah Mix edisi 04/XIV. Halaman yang ditulis Aruman ini sangat menarik untuk menambah konten kami yang mulai dari sini, kami akan mengulas City Branding.

Tulisan di halaman 28 tersebut dimulai dengan sebuah negara bagian Amerika Serikat Tengah yang bernama Michigan. Tahun 2008, kota ini meluncurkan kampanye merek mereka dengan sebutan Pure Michigan.  

Tulisan berikutnya mengenai Globalisasi dan tempat-tempat lokal. Ya, globalisasi menyiratkan sebuah perkembangan menuju interdependensi (hubungan saling ketergantungan) sistematik berskala dunia. 

Dalam proses itu, batas antara pertukaran dan hubungan interaktif menjadi kabur. Pada gilirannya, globalisasi mengubah secara dramatis konteks masyarakat lokal. Namun, tempat-tempat lokal tetap penting bahkan di dunia global. Ini karena pergerakan orang, modal, ekonomi dan sosial tetap berlabuh di tempat-tempat tertentu. 

Karena aliran sumber yang melintas batas wilayah makin meningkat. Beberapa pemerintah kota semkain khawatir dengan peran mereka dalam ekonomi global sehingga meningkatkan minat mereka terhadap pemasaran kota yang berorientasi Internasional. 

5 Hal yang kami petik dari tulisan dilema city branding tersebut

Hampir semua kota kini melakukan kampanye promosi bisnis kota untuk menarik investasi asing langsung. Mulai dari menyediakan tempat untuk lembaga Internasional, menyelenggarakan acara internasional besar atau mempromosikan pariwisata.

Dari tulisan yang dimuat di halaman 29 ini, kami mendapatkan kesimpulan sebagai berikut tentang dilemanya strategi city branding :

1. Strategi promosi yang berorientasi menarik investasi, memang sangat mahal dan sangat beresiko. Apalagi bila tidak didasarkan pada kekuatan lokal yang nyata, manfaat mungkin tidak bisa bertahan lama karena akan ada kota lain yang menawarkan proporsi serupa, malah lebih baik.

2. Tidak cocok buat kota dengan peringkat menengah dan bawah yang memiliki sedikit keunggulan khusus dalam kompetisi antar kota global. Untuk mengatasi ini, harus melakukan pendekatan lain yang lebih banyak mendukung menghidupkan ekonomi yang ada dan menarik sumber daya baru dari arus nilai global.

3. Tidak memiliki budaya yang kuat dalam penerapan city / place branding dalam konteks ekonomi global. Mengingat budaya dapat menyatukan produk dan memberikan nilai yang lebih besar bagi sebuah kota. 

Biar tidak ada kemiripan dengan kota lain, maka kota harus menampilkan sesuatu yang berbeda dalam budaya tersebut.

4. Tagline yang kuat. Meskipun tidak penting, tagline dapat membantu dalam menyampaikan makna kognitif (berhubungan dengan atau melibatkan kognisi) suatu simbol visual. Hal ini dapat menjadi sarana utama untuk menyampaikan pesan, yang memungkinkan seseorang membangun interpretasi lebih simbolis untuk sebuah visual. Slogan yang terbaik lebih baik kurang dari tiga kata yang menyiratkan arti.

5. Tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang.  Ada segmen tertentu yang memiliki kebutuhan tertentu. Karena itu, sebuah kota dianjurkan fokus pada keunggulan tertentu seperti alam, sungai, menara jam, tempat untuk sekolah, bisnis, pertemuan, warisan budaya dan sebagainya.

Setiap yang ditampilkan harus memberi ruang bagi pesan tunggal dengan dampak terbesar pada audience terbesar, baik penduduk dan pengunjung. 

...

Beberapa artikel kami tentang city branding sebenarnya ada, tapi telah terhapus saat kami berpindah paltform dari dotcom ke blogspot. Kami lupa untuk memback up konten tersebut.

Halaman ini merupakan perdana artikel tentang City Branding dan akan diupdate seterusnya. Kamu bisa mencari tulisan ini nantinya lewat searching di blog kami atau lewat label/kategori yang kami buat dengan nama city branding.

Sekali lagi, kami menempatkan diri sebagai penyedia dan pembuat konten, bukan seorang pakar atau ahli yang bicara soal city branding. 

Majalah Mix edisi bulan April - Mei 2017 ini sangat menarik. Selain konten ini, ada konten lain yang juga kami masukkan dalam blog dotsemarang.

Kamu yang tertarik dengan City Branding, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Tersedia

Buat kamu yang mencari info pameran komputer bulan November sepertinya sekarang sudah ada, lebih tepatnya pameran ketiga tahun 2017 ini dilaksanakan 30 November - 4 Desember di Java Mall.

Sepertinya pameran kali ini akan menjadi pameran terakhir di tahun ini. Rentang waktu dari satu event ke event lainnya menjadi alasan membuat kami mengatakan hal tersebut.

Java Mall masih menjadi daya pikat. Apalagi menjelang akhir tahun ini, mal yang berada di jalan MT. Haryono ini banyak berbenah yang bisa dilihat dari desain depan. Untuk kali ini, pameran komputer membawa nama ''Semarang Computer Fair 2017'.





Pameran Komputer bulan Desember 2017 sudah ada. Selengkapnya di blog @dotsemarang #Semarang #dotsemarang #pamerankomputer #pamerankomputersemarang A post shared by dotsemarang (@livedotsemarang) on Dec 1, 2017 at 3:25am PST
Untuk yang mencari notebook maupun Smartphone, beberapa postingan terkait produk ASUS bisa kamu lihat di blog kami.

Artikel terkait : Ada Apa Saja di Semarang Com…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Desember 2017

Selamat datang di bulan desember. Bulan penghujung akhir tahun ini disambut dengan hujan. Kami percaya bahwa ini merupakan berkah. Semoga agenda bulan  ini bisa menemanimu menikmati kota Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.Agenda umum (Akan terus ditambahkan [23 Nov - 3 Des] - Pameran Otomotif  'Sauto Expo ' di Mal Ciputra.[28 Nov - 3 Des] - Festival Makanan Pedas di Sri Ratu Semarang. [30 Nov - 4 Des] - Pameran komputer 'Semarang Computer Fair 2017' di Java Mall Semarang. Info klik di sini.[1 - 3 Des] - Jack Cloth 2017 G…

Review Film Chrisye

Apakah film Chrisye bagus? Bila mengacu jumlah teater dan hari penayangan di bioskop Semarang yang tidak begitu banyak, jawabannya biasa saja. Namun bila mengacu pada pemeran dan kemasan cerita yang dibawa, film  garapan sutradara Rizal Mantovani sudah sangat baik untuk mewujudkan tokoh yang diperankan oleh Vino G Sebastian, almarhum Chrisye.

Film Chrisye rilis di bioskop tanggal 7 Desember 2017. Durasi yang dibawa sekitar 110 menit, itu artinya waktu buat menonton kurang dari 2 jam. Dan jangan lupa, film ini punya rating 13+ atau remaja. Kamu bisa membawa orang-orang terdekat untuk bersama-sama menonton film yang dibintangi Velove Vexia sebagai istri Chrisye

Dari judulnya saja, kamu yang hidup di era mengenal almarhum Chrisye lewat karya-karyanya tentu tahu pasti tahu tentang film ini bercerita tentang apa. Ya, perjalanan hidup Chrisye yang pada akhirnya menjadi musisi besar dan bahkan melegenda untuk dunia musik tanah air.

Menginspirasi

Bagi penggemar aktor Vino, filmnya tentu tidak…

Review Keris Cafe Kota Lama Semarang

Tempat ini hadir di Kota Lama bersamaan Semarang Kreatif Galeri pada bulan Agustus. Dan masih satu bangunan. Keris Cafe tidak sekedar menawarkan segelas kopi dan minuman lainnya yang disantap dengan jajanan tradisional, lebih dari itu sebenarnya. Mau coba?
November 2017, kami kedatangan tamu bloger dari Bogor. Pertemuan kami di Kota Lama Semarang inilah yang membuat kami sengaja memilih Keris Cafe sebagai tempat ngobrol dan melepas lelah. Tidak tahunya, tempat ini punya berbagai cendramata hingga kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.



Tempatnya tidak begitu besar untuk seukuran cafe. Bila kamu masuk, jangan lupa mengintip juga ruangan sebelahnya. Di mana ruangan sebelahnya ada banyak produk UMKM yang rekomendasi.

Mengintip Ruangan Semarang Kreatif Galeri di Kota Lama
Beberapa jenis cendramata seperti gambar di atas tersedia di sana. Kami sudah izin untuk mengambil gambar ini dan ini juga bukan bagian dari promosi untuk mereka. Kami suka, ya kami abadikan.


Selain me…