Flash Blogging di Semarang, Mulai dari Pancasila, Tips Ngeblog hingga Sosialisasi Perppu Ormas

Pemerintah lewat Kominfo terus berupaya mensosialisasikan masyarakat anti berita hoax yang kali ini dikemas dengan acara seminar dan workshop, yaitu Flash Blogging. Acara ini memasukkan Pancasila dalam satu materinya dan turut hadir Menkominfo yang langsung mempromosikan Perppu Ormas yang baru disahkan Presiden.

Sukses Makassar sebagai penyelenggara kota pertama, membuat Kominfo melanjutkan roadshownya ke Semarang, dan ini berarti Semarang merupakan kota kedua. Kami sendiri turut hadir di acara diskusi yang dilaksanakan Kamis pagi kemarin (13/7) di Hotel Santika Premier.

Menuju 72 tahun RI, Kerja Bersama- Bersama Kerja

Kalimat di atas adalah tema dari acara Flash Blogging di Semarang. Menarik, mengingat sebentar lagi negara tercinta ini akan merayakan HUT -nya di bulan Agustus.

Dalam perjalanannya menuju 72 tahun ini, masyarakat yang hidup di era media sosial saat ini begitu mengkhawatirkan. Informasi diambil langsung tanpa filter, mana yang benar-benar berita baik dan mana yang benar-benar berita hoax atau bohong.

Memaknai nilai-nilai Pancasila

Sebelum diisi dengan pembicara utama yang merupakan dosen UGM, Heri Santoso, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan - sambutan, seperti acara pemerintah pada umumnya. Ada ibu Evi Sulistyani dan pak Deden yang mewakili instansi terkait untuk membuka acara.


Bicara Pancasila, kami akui sangat jarang kecuali seringnya mendengar kabar-kabar dari media, baik online maupun media sosial. Yang pasti saat ini, Pancasila seolah kehilangan makna. Dan lewat diskusi ini, bloger yang hadir diharapkan dapat kembali memaknai nilai-nilai Pancasila.

Bukan hanya bloger Semarang yang hadir kali ini, beberapa bloger dari kota yang ada di Jawa Tengah turut hadir. Dalam kesempatannya, Pak Heri mendorong Bloger memproduksi konten yang memiliki nilai Pancasila dan semangat Nasionalisme.

Pak Heri yang dari awal selalu ceria ini beberapa kali mengerjai peserta. Memang sedikit berat materi yang dibawakan, apalagi  tentang Hasil kongres Pancasila VIII di UGM pada tanggal 31 Mei-1 Juni. Beliau menjelaskan isinya yang kali ini hanya menggunakan layar LCD televisi.

Intinya 72 tahun Indonesia berdiri, kita masih menghadapi tantangan besar dalam mewujudkan kemerdekaan, persatuan, kedaulatan, keadilan dan kemakmuran. Dan masih ada tantangan besar juga dalam mengimplementasikan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Untuk mewujudkan Pancasila sebagai Dasar Negara, kita harus berjuang bersama-sama dan sama-sama bekerja demi Indonesia Jaya (slide terakhir).

Fenomena Post Truth

Selesai materi pertama, selanjutnya peserta mendapatkan materi tentang blogging dari Ndorokakung. Beliau sangat populer dalam ranah perbloggeran tanah air, jadi yang hadir tentu sangat beruntung mendapatkan langsung tip-tips dari beliau.

Paling menarik dari pembahasan materi beliau adalah fenomena post truth. Kami akui, sepertinya memang kami kurang piknik dengan istilah ini. Post truth bila dicari di mesin pencari memiliki arti pasca kebenaran atau kata sifat yang berarti suatu keadaan di mana daya tarik emosional lebih berpengaruh dalam membentuk opini publik daripada fakta yang objektif.

Fenomena ini sangat menarik saat ini, terutama di media sosial. Kita mudah percaya dengan posting-posting yang disebarkan tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Saking percayanya, kita ikut menyerbarkan.

Materi blog yang disampaikan beliau sebenarnya sudah kami rekam dalam bentuk video. Sangat bagus untuk menambah pengetahuan meski kamu sudah mengenal blog cukup lama. Tapi untuk postingan ini, sengaja kami simpan dulu. Nanti akan kami buat di artikel selanjutnya. 

Oh ya, ini bocoran tentang tips blog yang nanti bisa kamu lihat sendiri videonya di sini. Seperti membuat konten yang paling menarik adalah menulis tentang manusia. Cerita manusia selalu menarik. Lalu, bagaimana resep konten menarik, pengaruh waktu sehingga pengunjung bisa turun dan masih banyak lagi.

Temu Bloger dengan Menkominfo

Peserta Flash Blogging Semarang sangat beruntung bisa bertemu langsung dengan Rudiantara, Menkominfo. Meski tidak menjadi pembicara dan sekedar meluangkan waktu, beliau menyampaikan pesan sekaligus memberitahukan tentang Perppu Ormas yang baru disahkan Presiden.

Harapan beliau terhadap bloger agar terus memproduksi konten yang positif. Bloger punya kelebihan ketimbang media online yang terkadang asal comot sumber. Kelebihan bloger itu seperti membuat riset terlebih dahulu, jadi tidak ngawur.


Acara berakhir hingga sore hari dan mendapatkan 3 pemenang live blogging. Ketiganya mengalahkan banyak bloger yang turut hadir. Lombanya sangat mudah sebenarnya, yaitu menulis langsung acara ke blog masing-masing. Tapi waktunya dibatasi. Kami sendiri tidak mengikuti karna kemampuan yang sangat terbatas untuk ini.
...

Indonesia yang sebentar lagi berusia 72 tahun masih menghadapi tantangan besar yang menghadang. Untuk menghadapi tantangan tersebut, salah satunya adalah kembali memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.

Sebagai bloger, acara ini tentunya diharapkan dapat menambah wawasan khususnya dalam memproduksi konten. Tulislah tulisan yang mencerahkan, positif dan inspiratif. Apakah kamu bloger?

Foto Twitter

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?