Langsung ke konten utama

Flash Blogging di Semarang, Mulai dari Pancasila, Tips Ngeblog hingga Sosialisasi Perppu Ormas

Pemerintah lewat Kominfo terus berupaya mensosialisasikan masyarakat anti berita hoax yang kali ini dikemas dengan acara seminar dan workshop, yaitu Flash Blogging. Acara ini memasukkan Pancasila dalam satu materinya dan turut hadir Menkominfo yang langsung mempromosikan Perppu Ormas yang baru disahkan Presiden.

Sukses Makassar sebagai penyelenggara kota pertama, membuat Kominfo melanjutkan roadshownya ke Semarang, dan ini berarti Semarang merupakan kota kedua. Kami sendiri turut hadir di acara diskusi yang dilaksanakan Kamis pagi kemarin (13/7) di Hotel Santika Premier.

Menuju 72 tahun RI, Kerja Bersama- Bersama Kerja

Kalimat di atas adalah tema dari acara Flash Blogging di Semarang. Menarik, mengingat sebentar lagi negara tercinta ini akan merayakan HUT -nya di bulan Agustus.

Dalam perjalanannya menuju 72 tahun ini, masyarakat yang hidup di era media sosial saat ini begitu mengkhawatirkan. Informasi diambil langsung tanpa filter, mana yang benar-benar berita baik dan mana yang benar-benar berita hoax atau bohong.

Memaknai nilai-nilai Pancasila

Sebelum diisi dengan pembicara utama yang merupakan dosen UGM, Heri Santoso, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan - sambutan, seperti acara pemerintah pada umumnya. Ada ibu Evi Sulistyani dan pak Deden yang mewakili instansi terkait untuk membuka acara.


Bicara Pancasila, kami akui sangat jarang kecuali seringnya mendengar kabar-kabar dari media, baik online maupun media sosial. Yang pasti saat ini, Pancasila seolah kehilangan makna. Dan lewat diskusi ini, bloger yang hadir diharapkan dapat kembali memaknai nilai-nilai Pancasila.

Bukan hanya bloger Semarang yang hadir kali ini, beberapa bloger dari kota yang ada di Jawa Tengah turut hadir. Dalam kesempatannya, Pak Heri mendorong Bloger memproduksi konten yang memiliki nilai Pancasila dan semangat Nasionalisme.

Pak Heri yang dari awal selalu ceria ini beberapa kali mengerjai peserta. Memang sedikit berat materi yang dibawakan, apalagi  tentang Hasil kongres Pancasila VIII di UGM pada tanggal 31 Mei-1 Juni. Beliau menjelaskan isinya yang kali ini hanya menggunakan layar LCD televisi.

Intinya 72 tahun Indonesia berdiri, kita masih menghadapi tantangan besar dalam mewujudkan kemerdekaan, persatuan, kedaulatan, keadilan dan kemakmuran. Dan masih ada tantangan besar juga dalam mengimplementasikan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Untuk mewujudkan Pancasila sebagai Dasar Negara, kita harus berjuang bersama-sama dan sama-sama bekerja demi Indonesia Jaya (slide terakhir).

Fenomena Post Truth

Selesai materi pertama, selanjutnya peserta mendapatkan materi tentang blogging dari Ndorokakung. Beliau sangat populer dalam ranah perbloggeran tanah air, jadi yang hadir tentu sangat beruntung mendapatkan langsung tip-tips dari beliau.

Paling menarik dari pembahasan materi beliau adalah fenomena post truth. Kami akui, sepertinya memang kami kurang piknik dengan istilah ini. Post truth bila dicari di mesin pencari memiliki arti pasca kebenaran atau kata sifat yang berarti suatu keadaan di mana daya tarik emosional lebih berpengaruh dalam membentuk opini publik daripada fakta yang objektif.

Fenomena ini sangat menarik saat ini, terutama di media sosial. Kita mudah percaya dengan posting-posting yang disebarkan tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Saking percayanya, kita ikut menyerbarkan.

Materi blog yang disampaikan beliau sebenarnya sudah kami rekam dalam bentuk video. Sangat bagus untuk menambah pengetahuan meski kamu sudah mengenal blog cukup lama. Tapi untuk postingan ini, sengaja kami simpan dulu. Nanti akan kami buat di artikel selanjutnya. 

Oh ya, ini bocoran tentang tips blog yang nanti bisa kamu lihat sendiri videonya di sini. Seperti membuat konten yang paling menarik adalah menulis tentang manusia. Cerita manusia selalu menarik. Lalu, bagaimana resep konten menarik, pengaruh waktu sehingga pengunjung bisa turun dan masih banyak lagi.

Temu Bloger dengan Menkominfo

Peserta Flash Blogging Semarang sangat beruntung bisa bertemu langsung dengan Rudiantara, Menkominfo. Meski tidak menjadi pembicara dan sekedar meluangkan waktu, beliau menyampaikan pesan sekaligus memberitahukan tentang Perppu Ormas yang baru disahkan Presiden.

Harapan beliau terhadap bloger agar terus memproduksi konten yang positif. Bloger punya kelebihan ketimbang media online yang terkadang asal comot sumber. Kelebihan bloger itu seperti membuat riset terlebih dahulu, jadi tidak ngawur.


Acara berakhir hingga sore hari dan mendapatkan 3 pemenang live blogging. Ketiganya mengalahkan banyak bloger yang turut hadir. Lombanya sangat mudah sebenarnya, yaitu menulis langsung acara ke blog masing-masing. Tapi waktunya dibatasi. Kami sendiri tidak mengikuti karna kemampuan yang sangat terbatas untuk ini.
...

Indonesia yang sebentar lagi berusia 72 tahun masih menghadapi tantangan besar yang menghadang. Untuk menghadapi tantangan tersebut, salah satunya adalah kembali memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.

Sebagai bloger, acara ini tentunya diharapkan dapat menambah wawasan khususnya dalam memproduksi konten. Tulislah tulisan yang mencerahkan, positif dan inspiratif. Apakah kamu bloger?

Foto Twitter

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[7-19 Feb] - Pameran Batik & Craft 'Harmoni Batik Indonesia' di Java Mall.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[1…

Review The Cannibal Bistro & Bar

Bicara tentang tempat nongkrong di salah satu kawasan Semarang atas, Tembalang, tak ada habisnya. Kawasan yang menjadi pusat mahasiswa Universitas Diponegoro atau Undip ini memang sangat terkenal bagi kami yang tinggal di Semarang.

Generasi millenials yang sedang berkuliah di sana sangat beruntung dengan banyaknya ragam pilihan tempat melepaskan penat setelah belajar di bangku kelas. Bila malas keluar pun, ada layanan pesan antar yang juga bisa dimanfaatkan.

Sabtu kemarin (10/2) kami sedang berkunjung ke salah satu tempat nongkrong yang berada di jalan Mulawarman. Kami sadar bahwa lokasinya terbilang jauh untuk kami yang kebanyakan menghabiskan aktivitas di Semarang bawah.


Namun semua terbayar saat kunjungan pertama kali kami ke sini mendapati pemandangan yang indah, yaitu pematang sawah.

Apakah ini andalan view dari the cannibal? Sepertinya iya, bila membandingkan dengan beberapa tempat nongkrong yang pernah kami kunjungi sebelumnya.

Cannibal? Alasan dibalik nama

Ini bagian dalam sete…

2018 Imlek Celebration, Cara Sam Poo Kong Merayakan Imlek Tahun Ini

Setelah kawasan Pecinan menggelar Pasar Imlek Semawis merayakan Imlek, kini giliran Sam Poo Kong merayakan. Konsep acara yang diusung adalah pesta kesenian akulturasi budaya.

Jumat pagi (16/2) kami sudah tiba di Sam Poo Kong. Berbeda dengan tahun lalu saat kami mengunjungi Sam Poo dengan acara yang sama setelah hari pembukaan, hari ini kami tiba saat pembukaan. Kejutan!

Pengunjung sudah memadati loket dengan antrian yang sangat panjang. Baru kali ini kami merasakan antrian yang panjang yang mirip mengantri tiket bioskop di Citra (Mal Ciputra).

Acara di dalam sendiri sepertinya sudah dimulai dengan penampilan Denada yang kali ini menjadi bintang tamunya. Karena acara sudah berjalan dan tidak memungkingkan lagi harus mengikuti antrian, kami tidak masuk akhirnya.

Untuk tiket masuk di hari pembukaan sekitar 15 ribu rupiah. Lumayan hemat kali ini. Daripada pulang tanpa bawa apa-apa, kami melihat sekitar yang terlihat begitu ramai.


Momen liburan dan perayaan Imlek kali ini dimanfaatkan bet…