Jaringan XL di Semarang Sudah 4.5G, Apa Bedanya dengan 4G?


Sepekan belakangan, promosi yang dilakukan XL di jalan-jalan kota Semarang semakin banyak. Bukan promonya yang membuat kami tertarik, namun jaringan 4,5G yang dipasang di sana. Lalu, apa bedanya dengan jaringan 4G yang saat ini kami gunakan dan semua operator memakainya?

Bicara kecepatan, tentu penambahan setengah dari angka 4 menjadi 4,5 maka bisa dipastikan kecepatan koneksi yang lebih bagus adalah 4,5G. 

Dikutip dari forum XL (xplor.xl.co.id) tanggal 16/6/2017, layanan 4.5G bisa mengakses internet berkecepatan di atas 150 Mbps (bisa hingga 300mbps) dan kualitas video streaming resolusi 4K serta pengalaman gaming online yang lebih baik.

Meski kami sangat tergiur dengan kecepatan yang dihasilkan, ternyata tidak semua Smartphone mendukung jaringan 4,5G tersebut. Bahkan dalam daftar Smartphone yang termasuk 4,5G di forum tersebut, produk Asus tidak ada satupun yang terdaftar. (Kami belum mencoba Zenfone 3).

Beberapa produk yang mendukung diantaranya iPhone 7, Galaxy Note 5, Galaxy S7, galaxy J7, Moto Z Play, hingga LG V20.

Dari sisi teknologi, pengguna yang ingin menggunakan jaringan 4,5G harus menggunakan smartphone yang mendukung teknologi 4x4 MIMO, Modulasi 256 QAM, dan Carrier Aggregation (CA).

"Ada ponsel yang hanya support satu, misalnya 4x4 MIMO, 256 QAM, ataupun CA saja, tapi ada juga ponsel yang mendukung teknologi itu semua. Maka dari itu pelanggan harus hati-hati, contohnya Galaxy A (2016) tidak mendukung, tapi kalau Galaxy A (2017) mendukung 4,5G." Rahmadi Mulyohartono, Vice President LTE XL Axiata. (dikutip inet.detik.com)

Selain kota Semarang yang sudah mendukung jaringan 4,5G saat ini, ada 30 lebih kota di Indonesia yang juga sudah mendukung jaringan ini - per desember 2016. Selengkapnya bisa lihat di sini.

Bagaimana kita mengetahui jaringan operator di Smartphone sudah mendukung 4,5G? Bila baca forum XL, biasanya di layar Smartphone kita akan tertera jaringan 4G+. Apakah kamu sudah mencobanya?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?