Peringati Hari Museum Indonesia, Begini Museum Ranggawarsita Merayakannya


Tanggal 12 Oktober diperingati hari Museum Indonesia. Dalam peringatannya tahun ini, Museum Ranggawarsita merayakannya dengan banyak kegiatan. Salah satunya memberi akses masuk gratis satu hari saat hari museum. Sudah ke musuem hari ini?

Ini kabar baik buat kami yang mendapat kesempatan bisa ikutan kegiatan yang dilaksanakan Museum Ranggawarsita, kamis pagi (12/10), yang bertajuk 'Anjangsana Museum di Semarang'. Kebenaran, konten tentang museum yang terletak di sekitar Kalibanteng ini terakhir kami mengupdatenya pada Februari 2016.

Berkunjung ke Museum-museum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anjangsana berarti kunjungan silaturahmi. Kegiatan yang dilakukan museum Ranggawarsita bersama komunitas Balamuseum ini memang yang kami ikuti ini berkunjung ke museum-museum, seperti Museum Rekor Indonesia, Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah (MAJT), dan Museum Mandala Bhakti.

Dengan menggunakan 2 bus dari propinsi Jawa Tengah, peserta yang sebagian besar mahasiswa ini berangkat dari museum Ranggawarsita. Keseruan suasana acara sebenarnya sudah ada di Twitter Momen dotsemarang, tapi untuk postingan blog, sementara belum tersedia. Secepatnya akan kami update, jadi bersabar dulu.


Gratis masuk museum

Seperti kami katakan di awal paragraf, selama hari museum Indonesia hari Kamis kemarin, masuk ke Ranggawarsita tidak bayar alias gratis. Untuk diketahui, harga masuk museum Ranggawarsita kategori anak sekitar 2 ribu rupiah, dan dewasa dikenakan 4 ribu rupiah. 

Banyak kegiatan menarik

Mulai dari tanggal 10 Oktober hingga 12 Oktober, museum Ranggawarsita memiliki rangkaian kegiatan menarik. Lalu, dari tanggal 13 hingga 19 Oktober, ada beberapa kegiatan tambahan yang juga perlu diikuti. Detail lengkap bisa dilihat di bawah ini (gambar di bawah ini diambil dari Instagram museumranggawarsita)




..

Ada pertanyaan menarik seputar hari museum, mengapa diperingati dengan judul hari Museum Indonesia. Bukan hari Museum Nasional, yang umumnya banyak digunakan dalam istilah secara luas. 

Ternyata pengetahuan kami tentang museum memang sangat terbatas. Bila diperingati hari Museum Nasional, maka kita menyebut nama Museum Nasional yang ada di Jakarta. Tidak heran, peringatan hari Nasional diubah menjadi hari Museum Indonesia. 

Yuk, ke museum!

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. Seru banget acaranya. Sayang, kemarin ketinggalan info anjangsana museum :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru. Sayang sekali, semoga lain kali bisa ikutan

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?