Tentang Bus Wisata 'Yuk, Muter-muter Semarang'


Bus wisata Semarang dengan tagline 'Yuk, Muter-muter Semarang' ini resmi beroperasi setelah dilaunching pada tanggal 2 Oktober 2017 oleh Walikota Semarang. Berikut informasi tentang bus wisata yang berkapasitas 70 orang.

Ini adalah halaman khusus yang kami masukkan ke halaman indeks, yang tujuannya menjadi daftar isi dari postingan tentang bus wisata yang keberadaannya mampu menyedot perhatian masyarakat semenjak dilaunching.

Sempat mundur dari tanggal yang diinfokan

Informasi yang beredar, sebenarnya bus wisata tingkat dua ini akan dilaunching tanggal 17 September bertepatan di hari Perhubungan Nasional. Entah kenapa, tanggalnya berubah dan menjadi 2 Oktober.

Karena resmi beroperasi tanggal 2 Oktober yang dilakukan dalam rangka hari Perhubungan, maka pengelolaan bus wisata berwarna merah ini diserahkan tentunya kepada dinas Perhubungan kota Semarang.

35 milyar, anggaran membeli bus wisata ini

Menurut situs semarangkota.go.id, harga bus yang dibeli dengan anggaran ini sekitar 3,5 milyar rupiah. Walikota berharap, bus ini bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke kota Semarang. Apalagi bus wisata digratiskan bila ingin menaikinya.

Fasilitas 

Bus wisata ini memiliki beberapa fasilitas seperti CCTV, Wifi (saat kami coba masih bermasalah), ramah disabilitas, alat pemadam kebakaran dan lainnya.

Ukuran bus wisata Semarang

Bus wisata ini memiliki panjang 12 menter, tinggi 4,2 meter dan lebar 2,5 meter.

Ruter bus 

Lokasi awal berada di Museum Mandala Bhakti, kemudian menuju Kota Lama melewati stasiun Poncol dan Tawang. Di Kota Lama, bus berhenti sejenak selama 15 menit. Ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat kawasan Kota Lama, semisal baru pertama kali.

Bus lanjut kembali menuju Simpang Lima melewat Lawang Sewu. Berhenti kembali di Taman Pelangi selama 15 menit. Lalu, bus kembali berjalan menuju klenteng sampokong, Museum Ronggowarsito hingga kembali lagi ke Museum Mandala Bhakti.

Di mana naik bus wisata ini ?

Komplek Mandala Bhakti. Tips bila ingin naik, datangin Mandala Bhakti pagi sekitar jam 7. Karena petugas yang berasal dari Dishub membuka semacam loket untuk pengunjung pesan kursi. Mirip beli tiket film, tapi ini gratis. Syaratnya hanya memberikan KTP dan nanti akan diberikan co card.


Co card warna merah buat pagi, warna biru buat siang, warna kuning buat sore dan malam menggunakan co card warna hijau. 

Ada pemandu wisata

Tenang saja. Selama perjalanan nanti, kamu akan dipandu oleh guide yang akan menerangkan tempat-tempat wisata yang dilewati. Termasuk sejarah dan informasi yang ada di Semarang.

Jadwal bus wisata

Jadwal keberangkatan dimulai hari Selasa hingga Minggu, sedangkan Senin, bus tidak beroperasi. Untuk hari Selasa sampai Jumat, keberangkatan hanya 3 kali (Pagi ,siang, dan malam). Sedangkan akhir pekan, bus wisata beroperasi hingga 4 kali (Pagi, siang, sore dan malam).


Sumber : Twitter disbudparkotasmg
*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Artikel terkait bus wisata Semarang :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?