Tahun 2017, Semarang Dinobatkan Menjadi Salah Satu Kota Cerdas di Indonesia


Menutup akhir tahun 2017, kami membawa kabar gembira yang mungkin sudah banyak yang membaca tentang Semarang yang menerima penghargaan kota Cerdas. Namun buat yang belum tahu, kami ajak kamu membaca postingan kami ini hingga akhir.

Mengutip sumber utamanya dari kompas.com (11/12), penyerahan penghargaan kota Cerdas ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari Senin (11/12/2017).

Semarang tentunya tidak sendiri menerima penghargaan dari kegiatan yang digelar Institut Teknologi Bandung (ITB) ini yang merupakan hasil tindak lanjut dari rangkaian kegiatan survei dan kajian kesiapan kota cerdas terhadap 93 kota di seluruh Indonesia yang telah dibuka Wapres di tempat yang sama pada 4 Mei 2017.

Dari situs jowonews.com, Semarang masuk dalam 15 kota terbaik dalam kategori utama “Rating Kota Cerdas Indonesia” (RKCI) 2017.

Kami baru tahu bahwa peserta dari penganugerahan Kota Cerdas ini berasal dari seluruh kota anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Ke-15 kota yang mendapat penghargaan untuk kota besar, ada Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan. Kota sedang yaitu Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, Kediri. Kota kecil yaitu Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi.

RKCI merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi “Kota Cerdas” berdasarkan potensi dan karakternya masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan dua tahunan dan dimulai pertama kali pada tahun 2015.

Kota Cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya.

Tujuannya diharapkan mampu menjadi pendorong terwujudnya redistribusi pembangunan kota dan desa serta mengurangi kesenjangan antarkota di Indonesia.

...

Selamat buat kota Semarang dan kota-kota lainnya. Kabar positif ini tentu bisa menjadi semangat sendiri bagi kami dan masyarakat yang mencintai kotanya.

Ternyata terakhir kami menulis prestasi tentang Semarang sudah sangat lama, sudah satu tahun lamanya. Semoga postingan ini memberi warna lain buat kami di blog dotsemarang.

Original konten : Kompas dan jowonews.com

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?