[Tips] Menulis Blog Untuk Manusia Itu Penting, Tapi Konten Juga Harus Menarik Perhatian Mesin


Halaman ini berisi materi persentasi yang dibawakan oleh 2 orang jurnalis dalam acara Campus Roadshow Beat the Movement Asian Games 2018 di kampus Universitas Negeri Semarang pada desember 2017. Salah satu tips menariknya adalah seperti judul di atas. Berikut tips lainnya dari materi yang dipersentasikan.

Banyak materi bagus sebenarnya yang menarik dari acara roadshow kemarin yang secara keseluruhan sebenarnya sudah kami publish di halaman review acara di sini.

Hanya saja untuk mengembangkan konten lainnya, khususnya kategori tips yang terakhir kali kami update bulan Oktober 2017,  halaman ini merupakan tulisan terbaru dari label tersebut.

Kami pikir halaman yang berisi kumpulan materi persentasi yang dibawakan Roderick Adrian Mozes, Sports video journalism dan Firzie Adrian Idris, Managing Editor Bolasport.com ini sangat berguna dan penting. Jadi silahkan melihat sampai akhir.

Menulis untuk mesin

Menulis untuk manusia itu memang penting, tapi jangan lupa juga menulis buat mesin. Ungkapan ini ada di gambar yang kami jadikan cover di atas.

Maksudnya di sini adalah bila mempresentasikan kami dari sisi bloger, maka kami harus tahu tentang mesin yang diwakilkan oleh mesin pencari, salah satunya Google.

Kami boleh bercerita dari berbagai sudut pandang dengan sisi yang kadang menyenangkan dan kadang menyedihkan. Tapi kami juga harus tahu pengambilan kata, kalimat dan hal-hal lain yang akan dikenali Google.

Saat ini kebanyakan masyarakat, bukan hanya Indonesia saja, bahkan dunia, menggunakan Google dan Youtube sebagai rujukan sumber informasi.

Jika konten kami menarik, Google dengan sendirinya menarik tulisan kami ke mesin pencarinya. Kami harus kerja keras mencari keyword yang tepat, mengubah tulisan di gambar agar sesuai, dan sebagainya.

Kesemuanya ini ada di pelajaran SEO yang mungkin informasinya sudah banyak di mesin pencari dan bahkan di toko-toko buku. Cobalah memahami sedikit tentang mesin tersebut. Tidak ada salahnya, bukan?


Bila kamu tertarik menjadi jurnalis olahraga, pelajaran yang kami dapatkan dari persentasi ini adalah sangat penting untuk kamu menjadi orang yang punya rasa penasaran tinggi atau kepo. Tanamkan ini.


Situs bolasport banyak diakses para pembaca mereka dari perangkat mobile atau handphone. Pelajarannya adalah sangat penting buat kami atau kalian, yang menulis di online untuk menawarkan halaman website atau blog kalian yang mudah dibuka dari Smartphone.


Mengetahui tren digital saat ini sangat penting yang tujuannya agar website yang kita kelola dapat menjangkau lebih maksimal untuk para pengunjung setia kita atau calon pengunjung nantinya.


Media sosial sekarang ini banyak memberikan halaman analitik kepada pengguna personalnya. Tujuannya agar kita sebagai pengelola konten mengetahui informasi mana saja konten yang dihasilkan memperoleh nilai yang tinggi.

Jika sudah mengetahui mana saja konten yang punya nilai, maka sekarang menerapkan strategi konten yang lebih menarik agar banyak menghasilkan sesuatu yang lebih besar.


Wartawan saat ini dituntut untuk melakukan live konten seperti live tweet maupun live video streaming. Meski sudah menjadi tuntutan, kami pikir masih sedikit jurnalis melakukannya bila melihat aktivitas kami dengan beberapa rekan jurnalis atau wartawan.


Mungkin kamu yang belum mencoba google tren dari sekarang memikirkan untuk mencobanya. Google tren sangat menarik dalam hal sumber informasi yang bisa dimanfaatkan untuk kita, kreator konten.


Pernah nonton drama Korea yang bagian ceritanya ada konferensi pers. Para awak media yang memegang laptop langsung menulis dengan cepat dari lokasi acara. Era sekarang bukan saja tentang wartawan cetak, tapi juga wartawan online yang keberadaannya begitu cepat berbagi berita.


Tips di atas merupakan tentang sport video jurnalis. Mungkin kamu ingin membawa tips tersebut ke dalam pembuatan konten videomu yang saat ini sedang tren dunia vlogging.

Bagaimana, dapat sesuatu hal baru dari halaman ini? Kami harap begitu. Ditunggu tip-tips lainnya di halaman blog dotsemarang.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?