Melihat Situation Room, Ruang Monitor Canggih Kota Semarang


Apa yang kami mimpikan selama ini untuk dapat berkunjung ke ruang monitor canggih yang mirip dengan Bandung Command Center akhirnya terwujud. Semarang tidak kalah tentunya, berikut suasana Situation Room yang kami kunjungi selepas pelantikan komunitas sebelumnya.

Bandung lewat Wali Kotanya yang sangat aktif di media sosial mewujudkan kotanya menjadi Smart City dengan membangun Command Center pada tahun 2015.

Hadirnya Command Center, kita dapat memonitor langsung keadaan kota. Bisa lewat video CCTV yang sudah terintegrasi hingga pembicaraan yang terjadi di media sosial yang tengah viral. Selain itu, ada banyak aplikasi pendukung lainnya yang dapat digunakan membantu memonitor.

Situation Room Semarang

Kami beruntung bisa berkunjung langsung meski beberapa jam sebelumnya Wali Kota Semarang meresmikan pengoperasian tempat ini di hari yang sama, Senin (19/2).


Mengambil sumber referensi dari jateng.tribunnews.com, Situation Room sebenarnya merupakan pengembangan dari monitoring room yang sudah ada di Pusat Informasi Publik (PIP) yang dimiliki Pemkot Semarang.

Letak ruangan barunya sendiri kini berada di atas kantor Wali Kota Semarang. Saat kami berkunjung dengan teman-teman komunitas Cah Semarang Hebat, pintu masuk tidak begitu spesial menurut kami. Sama seperti pintu pada umumnya.

Namun setelah masuk ke ruangan utamanya yang terdiri dari beberapa ruang, tempat ini langsung berbeda. Ada ruangan yang dilengkapi dengan meja pintar (ada layar di meja yang sangat besar), ruangan analisas yang mirip bioskop hingga ruang monitor yang terdiri banyak layar besar.

 Pintu masuk dari kantor Wali Kota Semarang
 Masuk lagi, dan begini suasananya
 Meja monitor panjang
 Bisa meeting juga di sini
Mirip ruangan bioskop

Foto lainnya bisa dilihat di album Facebook dotsemarang atau klik di sini.

Seluruh CCTV yang ada di Kota Semarang terhubung di Situation Room

Menurut Wali Kota Semarang, pak Hendi, masih dari referesi situs Tribun, peran partisipasi masyarakat sangat penting di sini untuk dapat membantu pemerintah memonitor lingkungan sekitar.


Bila masyarakat mau membagikan alamat IP (Internet Protocol) dari masing-masing CCTV, maka bisa dibayangkan kota Semarang dapat dimonitor secara luas. Manfaatnya tentu pemerintah dan Kepolisian dapat memantau dari sisi keamanan di wilayah masing-masing.

Akan jadi Semarang Command Center

Kabar baiknya dari Situation Room ini adalah dalam waktu dekat gedung ini akan menjadi command center setelah mendapatkan sistem layanan call center 112. Informasi ini kami dapatkan dari akun Instagram Official Pemkot Semarang. Berikut detailnya.

LAUNCHING SITUATION ROOM ..... Situation Room Pemkot Semarang ini terdiri dari Ruang tamu dilengkapi Smart Tabel untuk diskusi, Ruang analisa situasi, call center, ruang monitoring sistem dan kondisi lapangan, Ruang Visual menampung 80 orang, mushola, dsb ..... Situasi tentang lampu jalan, lalin, traficlight, pengaduan, sungai fan pompa air, pendapatan, realisasi fisik dan anggaran pembangunan, dsb dapat dilihat disini .... Dalam waktu dekat gedung ini akan ditingkatkan menjadi command center setelah mendapatkan sistem layanan call center 112 #banggasemarang #pemkotsemarang #semarang #semarangan #semarangsekarang #semaranghebat #kakilimasemarang #seputarsemarang #wisatasemarang #visitsemarang #tentangsmg #kotalamasmg #semarang_sekitar #facebook.com/semaranghebat #dotsemarang #potret_smg #panoramasemarang #loker_semarangkerja #smartcity #gerakan100sc
A post shared by OFFICIAL PEMKOT SEMARANG (@semarangpemkot) on

....

Sepertinya kami ingin kembali melihat ke dalam dan menemukan sesuatu yang menarik untuk kami bawa ke blog dotsemarang.

Sebagai masyarakat yang tinggal di Semarang, tentu kami sangat bangga tentang ini. Bagaimana denganmu?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?