Instagram Untuk Pemula, Tema Kelas Pertama Cah Semarang Hebat


Kamu yang hadir di kelas ini, kamis kemarin (22/3), tentu sangat beruntung. Mengingat jumlah pesertanya benar-benar membludak dan bahkan harus ditutup lebih cepat. Berikut ulasan kami yang turut hadir di dalam ruangan.

Dilantik bulan Februari, komunitas Cah Semarang Hebat terus bergerak mempromosikan diri. Salah satu kegiatannya adalah membuat kelas tanpa dipungut biaya sepeserpun. Tak tanggung-tanggung Instagram menjadi tema pertama kelas ini pertama dibuka.

Menarik? Tentu saja. Selama ini kami banyak bicara tentang dunia blogging dan juga sering membuat hal yang sama. Seiring waktu, memang Instagram sudah mengambil alih dunia yang selama ini kami geluti.

Instagram pemula


Sebenarnya kami sangat berharap bahwa sesi kelas ini banyak bicara tentang personal branding. Apalagi pembicaranya, mas Youlanda yang memiliki pengalaman 15 tahun dalam dunia Industri Kreatif dan Digital.

Namun sebelum berharap terlalu jauh sampai sana, peserta yang hadir kurang lebih 50 orang ini, rupanya masih ada yang tidak menggunakan Instagram. Alasannya pun beragam, bahkan ada yang sampai kena banned sama Instagram.

Salah satu alasan yang menarik dari salah satu peserta adalah memori hape yang terbatas. Kami pikir era ponsel semakin cerdas dan harga yang semakin bersaing, tidak lagi ada kendala seperti ini. Ternyata masih ada.

Lalu, alasan lainnya adalah koneksi yang dianggap mahal. Mungkin kami saja yang kurang optimal memberikan informasi bahwa di Semarang banyak sekali spot Wifi gratis, makanya persoalan seperti ini masih tetap ada saja.

Mas Youlanda

Pada akhirnya, pembicara mengarahkan peserta pada pembuatan akun Instagram dalam sesinya. Lalu mengenalkan aplikasi pendukung untuk mengedit video dan foto sebelum dipublish di Instagram.

Ada banyak rekomendasi aplikasi dan kesemuanya setidaknya harus dicoba oleh peserta. Termasuk tentang fitur repost yang dalam pengertiannya adalah membawa postingan dari akun lain ke akun milik kita.

Promosi tentang Semarang dan komunitas

Selain bicara tentang Instagram, pembicara juga berbicara sedikit tentang Facebook. Meski pada akhirnya peserta yang hadir diarahkan melihat akun komunitas Cah Semarang Hebat.


Sesi kedua tak kalah menarik juga sebenarnya, terutama dari sisi kami yang melihat jabatan dalam pandangan orang biasa. 

Bagaimana tidak, ketua DPRD kota Semarang, pak Supriyadi ikut ambil bagian mengisi kelas. Memang beliau memiliki peran terbentuknya komunitas, maka tak heran kami melihatnya.

Sesi beliau yang kami tangkap lebih banyak bicara tentang promosi  kota Semarang yang sangat potensial untuk terus dikampanyekan, terutama di era media sosial saat ini.

Tagar #BanggaSemarang yang didengungkan komunitas Cah Semarang Hebat adalah salah satu kampanye yang terus digalakkan agar orang-orang merasa bangga dengan Semarang.

Ketua DPRD Kota Semarang, pak Supriyadi

Bagian lainnya, beliau tak lupa mempromosikan komunitas Cah Semarang Hebat untuk diketahui peserta yang hadir. Beberapa peserta bahkan harus mendapatkan kursi tambahan untuk mengikuti kelas kali ini.
...

Kelas sore ini pun harus diakhiri dengan foto bersama. Rencananya kelas workshop ini akan rutin digelar tiap minggu dengan berbagai tema tentunya. Kamu hanya perlu cari tahu info selanjutnya di akun Instagram Cah Semarang Hebat.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai