Bigo Live, Aplikasi Live Video Streaming yang Patut Dimanfaatkan


Bigo Live memang memiliki cap negatif bagi sebagian netizen bila merujuk pencarian di mesin pencari. Namun dibalik cap tersebut, aplikasi yang berasal dari Singapura ini memiliki potensi yang tak bisa diremehkan untuk membangun konten di era sekarang. Seperti apa cara memanfaatkan Bigo Live?

Buat yang baru mengenal Bigo Live, mungkin harus banyak mencari referensi di mesin pencari. Tapi kalau sedang mampir ke blog dotsemarang, kami akan jelaskan sedikit tentang apa itu Bigo Live sebagai berikut.

Bigo Live adalah aplikasi yang bisa ditemukan di Android dan iOS. Aplikasi ini memberikan layanan video secara langsung layaknya tren video di tahun ini. Layanan mereka ini sendiri diluncurkan pada bulan Maret 2016. Ini berarti sudah lebih dari 1 tahun keberadaannya hingga tulisan ini kami buat.

Sempat diblokir

Aplikasi yang baru mengumumkan bulan kemarin (Maret) sudah mendapat 100 juta pengguna di seluruh dunia ini dalam perjalanannya sempat diblokir Kominfo. Maklum aplikasi ini benar-benar menggiurkan karna dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari layanannya. Mau tak mau, para penyiarnya berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang kurang sedap dipandang mata. Namun, 13 Januari 2017, aplikasi ini kembali dibuka.

Ya, ini tak terlepas dari konsep Bigo itu sendiri untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya gift dari pengunjung ke channel mereka. Seperti yang kami kutip dari detikinet (14/12/2006), penyiar yang bisa mengumpulkan 6.700 diamond dapat ditukar dengan uang sejumlah 2 juta rupiah. 

Namun sekarang mereka benar-benar ketat mengatur para penyiarnya yang melakukan siaran kurang sehat. Mereka tak segan memblokir bila langsung ketahuan oleh polisi Bigo yang selalu memantau aksi mereka.

Pasar potensial

Bagi orang awam, Bigo memang kalah populer dari Instagram atau aplikasi media sosial lainnya. Namun bagi kreator konten, Bigo merupakan ladang yang besar. Terutama basis penggunanya yang tercatat sudah mencapai 100 juta.

Maka kami tak heran ketika acara Zenfinity 2017, Bigo Live hadir dengan para penyiarnya. Termasuk kompetitor dan Youtube. Belum lagi acara ultah Net TV kemarin yang turut memanfaatkan siaran mereka dengan menggunakan Bigo Live.

Beberapa bulan lalu, kami bahkan menemukan penyiar-penyiar yang berasal dari stasiun radio. Mereka dengan jeli memanfaatkan siaran secara langsung dari ruangan siaran. 

Untuk pasar Bigo Live sendiri, mengutip kompas.com (15/5/2017), aplikasi ini menempati ranking nomor 1 di regional Pasifik. Yakni di negara-negara Thailand, Vietnam, Indonesia, Singapura, China, Taiwan, Malaysia, Filipina, Laos dan Kamboja.

Popularitas Bigo Live yang tinggi juga didapatkan di Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan bahkan Timur Tengah.

Cara menggunakan Bigo Live

Bigo Live baru saja menghadirkan fitur teranyarnya yaitu vlog atau video pendek. Fitur ini bisa merekam aktivitas penggunanya hingga 58 detik. Sangat menarik.

Tinggal klik tombol live berwarna merah di atas, maka kamu bisa langsung siaran

Cara menggunakan Bigo Live juga sangat mudah. Setelah kamu mendaftar seperti biasa membuat akun di media sosial, atau hubungkan saja dengan akun medsosmu, kamu bisa langsung melakukan siaran. Atau kamu perbarui dulu profil pengguna agar lebih nyaman digunakan.

Sebelum siaran, sebaiknya kamu tahu dulu apa yang ingin disampaikan seperti bermain musik, event, atau lainnya. Kami berharap, kamu menyiarkan konten yang berhubungan dengan bakat kamu. Itu lebih menarik tanpa perlu menarik perhatian secara berlebihan.

dotsemarang hadir di Bigo Live

Kami sedang mencoba hadir di aplikasi Bigo Live beberapa waktu belakangan ini. Seberapa menarik aplikasi ini dan bagaimana bisa menarik viewers dengan konten yang kami buat. Hingga beberapa kali siaran, Bigo Live menurut kami lebih baik dari Instagram live untuk urusan viewers.

Ini dikarenakan fitur 'Jelajahi' yang ada di aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya dapat melihat berbagai macam pengguna seperti top rangking, pendatang, sekitar, permainan, negara & daerah, hingga hot live.

Paling kami suka adalah 'sekitar', dimana kami bisa tahu apa yang terjadi disekitar kita. Semisal di Semarang contohnya. Dan karna ini juga, viewers bisa datang dengan sendirinya.

...

Kami akui memang Bigo memang masih dicap kurang baik dari segi konten. Tapi kami melihat dari sisi lain terutama basis penggunanya yang besar untuk menciptakan konten. Kamu bisa menjelajah hingga luar negeri sesuai negara yang tersedia.

Buat bloger, kami percaya Bigo Live bisa dimanfaatkan membangun konten. Seperti kehadiran kami di sana. Selain bisa melakukan live streaming, Bigo juga menyediakan fitur vlog. Kamu bisa merekam aktivitas kamu hingga 85 detik.

Kelebihan Bigo nanti akan kami ulas dipostingan berikutnya. Jadi tunggu saja seperti apa kelebihan Bigo Live yang bisa dimanfaatkan dari kacamata kami, dotsemarang.

Sekarang, apakah kamu ingin mencobanya juga? Atau sudah? Ceritakan pendapat kamu di kotak komentar di bawah ini.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?