24liveblog, Platform Buat Live Blogging


Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang kami post pada bulan Agustus 2017 tentang live blogging. Salah satu platform yang sudah kami coba dan pakai adalah 24liveblog. Seperti apa platform ini hadir dan bagaimana cara menggunakannya?

Akhirnya kami bisa melanjutkan postingan sebelumnya. Jika dipikir, rentang waktunya sangat jauh bila menghitung dari artikel yang sedang kamu baca ini (Agustus - Oktober). Tak apalah, daripada tidak sama sekali.

Apakah 24liveblog?

Ini adalah platform (seperti blogspot, wordpress, medium dsb) yang khusus digunakan untuk memberikan informasi secara update seperti kamu sedang live tweet. Bedanya, 24liveblog digunakan untuk website atau blog yang mencakup media sosial di dalamnya, lalu ditanamkan (embed) ke website atau blog.

Tujuan menggunakan 24liveblog adalah memberikan info event secara terus menerus lewat blog. Kenapa tidak live Tweet saja? Kalau Live Tweet, kita hanya mencakup pengguna Twitter saja, termasuk Instagram. Kalau Live blog, kita bisa mencakup lebih luas dari mesin pencari.

Menurut data dari situs easycounter.com, 24liveblog sudah ada sejak September 2013 dan pemiliknya adalah CloudFlare CDN network, CloudFlare Inc.

Cara menggunakan 24liveblog

Jika kamu pengguna Wordpress, 24liveblog tersedia dengan plugin yang bisa langsung digunakan. Tapi tetap saja, kamu harus registrasi juga di situs resminya 24liveblog.

Buat pengguna lain, kita bisa menggunakannya dengan cara mendaftar dahulu di halaman 24liveblog (klik langsung). Tampilan halamannya seperti di atas. Tinggal daftar dan ikuti intruksi seperti membuat akun di media sosial.

Selain bisa langsung digunakan dari dalam situsnya sendiri, 24liveblog juga bisa kita taruh di dalam website atau blog milik kita dengan cara ditanamkan atau embed. Contohnya bisa kamu lihat di beberapa postingan kami di sini.

Karena belum tersedia dalam bentuk aplikasi Smartphone, kita tetap bisa menggunakannya dalam bentuk mobile lewat browser yang ada di Smartphone. Rekomendasi browser yang digunakan sebaiknya Chrome.



Mirip seperti media sosial, kita bisa langsung update lewat Smartphone kita saat hadir di sebuah acara. Tipsnya, kita buat dulu di situs 24liveblog. Lalu, embed dan biarkan. Saat live nanti di acara, gunakan Smartphone saja untuk mengupdate layaknya live tweet.

Kelebihan 24liveblog

Semua orang menyukai media sosial seperti Twitter saat datang ke sebuah acara, termasuk yang juga sangat bagus digunakan sekarang ini, Instagram stories.

Namun bila ingin yang berbeda, 24liveblog bisa jadi rekomendasi utama. Apalagi setelah event dan harus mereview, 24liveblog yang ditanamkan di dalam halaman blog bisa langsung dilihat banyak orang. Ini berbeda dengan Twitter, kita harus menuliskannya kembali ke dalam blog atau menanamkan tweet-tweet kita (perlu kerja dua kali).

Selain itu, jangkauan 24liveblog yang ditanamkan dalam blog lebih luas ketimbang update di media sosial. Kalau pengikut kita di media sosial banyak sih, tidak masalah. Kalau dikit, kadang buat serba salah. Apalagi yang terjangkau hanya orang yang kita ikuti.

Terakhir, kamu bisa menarik banyak pengunjung baru dan membuat blogmu tetap hidup. Ditambah kita juga bisa promosikan via media sosial tentang info event yang kita update di blog. Semakin banyak kita share, semakin banyak pula pengunjung yang datang.

Kekurangan 24liveblog

Hingga saat ini kami coba, kekurangan 24liveblog masih sebatas koneksi Internet pengguna (dotsemarang) semisal datang ke sebuah acara yang sulit terjangkau jaringan Internet operator dan tidak adanya Wifi.

Beberapa waktu lalu, kami agak tersendat saat live blog menggunakan 24liveblog via Smartphone. Alasannya, platform mereka sedang main tenis alias maintenance (pemeliharaan).

Apakah 24liveblog gratis?

Benar sekali. Bila kamu menginginkan versi berbayar, 24liveblog juga tersedia dengan harga 49 dolar. Berikut detailnya

Lebih detail gambarnya (fitur berbayarnya)  bisa dilihat di sini.

Fitur 24liveblog

Beberapa fitur dari 24liveblog diantaranya :
  • Tampilan yang bisa diubah sesuai keinginkan
  • Berbagi di media sosial. Tinggal klik, post yang kita buat tadi bisa dibagi di Facebook dan Twitter. 
  • Tersedia dalam versi mobile.
  • Memperbolehkan menggunakan audio dan video pendek.
  • Pengalaman pengguna lebih interaktif.
  • Sinkronisasi Twitter dua arah. Pilihan dua arah yang fleksibel mengubah acara Anda atau berbagi dari platform kami ke twitter atau dari twitter ke kami.
Melihat siaran langsung pengguna lain

Mirip media sosial pada umumnya, 24liveblog juga bisa melihat pengguna lain yang sedang live blogging di tempat mereka. Halaman ini bisa kamu lihat di page live.

Kesimpulan

Karena baru satu ini yang kami gunakan untuk platform live blogging, kami tak bisa membandingkan dengan platform sejenis, meski ada banyak.

Bila sedang kesulitan atau ingin mencari alternatif, kami akan gunakan Twitter Momen yang tujuannya juga sama. Dan juga bisa ditanamkan (embed) di halaman blog atau website.

24liveblog paling sering kami gunakan saat live event saja. Biasanya kami tidak live tweet namun live blog lewat Smartphone. Pengalamannya sama dengan saat live Tweet.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?