[Event] Blogger to Entrepeneur, Ketika Bloger Menjadi Wirausaha


Kami banyak membaca tentang kisah orang-orang yang akhirnya meninggalkan zona nyamannya, bekerja di sebuah perusahaan, menjadi seorang bloger. Seolah logika tak berguna ketika panggilan hati lebih berarti. Namun bagaimana jika sebaliknya?

Sebuah acara yang mengundang bloger Semarang bertajuk Gathering Blogger & Talkshow From Blogger to Entrepeneur hadir Selasa malam (6/3) di Allstay Hotel.

Penggagasnya adalah Juara Community, relawan dari Juliari Batubara yang merupakan anggota DPR RI dari partai PDI Perjuangan dan juga seorang pengusaha.

Ketika bloger menjadi entrepeneur


Lupakan siapa penyelenggara acara ini yang kami pikir 'akhirnya tahun politik itu'. Nanti kami coba bahas dari sudut pandang lain dan halaman berikutnya.

Adalah Agustina Dwi Jayanti yang namanya terpampang di backdrop sebagai pembicara bersama Juliari Batubara malam ini.

Sebagai bloger, kami mengenal Agustina atau Tina beberapa tahun belakangan sejalan dengan lahirnya komunitas Gandjel Rel. Kiprahnya semakin luas saat bergabung dengan Generasi Pesona Indonesia atau Genpi yang merupakan komunitas yang mengkampanyekan Wisata dari Kemenpar.

Maka tak heran ia kini lebih eksis dan berdiri di depan peserta yang hadir sebagai pembicara. Yang menarik adalah ia bukan hanya bertitle sebagai blogger tapi mengklaim sebagai inisiator Pasar Karetan.

Kami ingin mendengar bagaimana Tina bercerita tentang dirinya dari seorang bloger merambah menjadi entrepreneur.

Entrepreneur dari yang kami ketahui  memang kurang tertarik pada keuntungan secara finansial, tapi mereka fokus dalam mengembangkan produk atau jasa yang akan mereka tawarkan.

Seperti apa produknya dan bagaimana ia akhirnya terjun dengan berbagai cerita jatuh bangunnya kemudian disandingkan dengan aktivitas bloggingnya.

Sayang kami tidak menemukan ini. Kami malah banyak mendengar tentang dirinya yang mulai terjun ke dunia blogging dan sepak terjangnya yang menginspirasi.

Ajang acara ini juga menjadi panggung buat Tina untuk berbicara tentang Pasar Karetan yang kami pikir sebagian peserta juga sudah banyak yang tahu dan beberapa peserta yang hadir termasuk dalam satu wadah yaitu Genpi.

Tips menjadi Pengusaha

Dana dukungan buat komunitas yang diberikan pak Ari kepada salah satu wakil bloger 

Ditengah Tina masih berbicara tentang tema yang dibawakannya, pak Juliari Batubara masuk ke dalam ruangan. Tentu perhatian kami tiba-tiba terhenti dan menunggu beliau menempati tempat yang sudah disiapkan dari tadi.

Pasar Karetan yang masih menjadi tema yang dibawakan Tina, kemudian kembali diceritakan kepada beliau. Tentu, dari sisi promosi kami pikir ini sangat dapat sekali. Apalagi beliau juga sebagai anggota DPR RI.

Usai pembicara pertama selesai berbicara, kini giliran pak Ari, nama akrab yang terdengar dari MC untuk Juliari Batubara.

Dengan background sebagai pengusaha, memang tema ini bisa dikatakan nyambung juga. Yang kami tangkap selama beliau mengisi acara adalah beberapa tipsnya bila ingin menjadi pengusaha.

Tentu bila kamu mencari tips menjadi pengusaha secara detail, hasilnya nanti akan sama dengan apa yang kami pikirkan. Namun mendengarkan langsung dari orangnya yang berbicara sangat berbeda seperti berikut ini.

Mengembangkan jaringan, mulai saat ini juga tanpa perlu takut terlebih dahulu, belajar menguasai teknologi hingga kita harus berbeda dengan yang lain, dan masih banyak lagi merupakan kiat-kiat yang disampaikan pak Ari bila kita ingin menjadi pengusaha.

Promosi blog

Sebelum acara ditutup dengan sesi foto bareng dan sesi tanya jawab, acara ini juga jadi ajang promosi blog para peserta yang hadir.

Pak Ari ingin mengetahui seperti apa blog yang dibuat teman-teman bloger, mengingat saat ini dunia blogging terus memberi banyak nuansa baru dalam hal informasi.

Lewat layar LCD, teman-teman bloger mulai mengenalkan blognya sesuai minatnya. Ada yang traveling, makanan, kecantikan atau beauty dan gaya hidup atau lifestyle.

...

Ini adalah aktivitas kedua kami di bulan ini yang kami hadiri. Dari sisi acara, kami menyukainya. Karena acara yang selalu berhubungan dengan bloger, maka di sanalah banyak rekan-rekan bloger Semarang bahkan luar kota dapat berkumpul. Termasuk bloger yang sudah jarang sekali berkumpul, mereka ikut datang.

Memang bukan sepenuhnya yang hadir dari kalangan bloger, beberapa pegiat akun socmed pun turut hadir. Entah apakah dari perwakilan komunitas juga ada yang hadir, selain komunitas bloger.

Untuk tema acara sebenarnya kami tertarik. Sayangnya harapan kami untuk mendengarkan bagaimana seorang bloger menjadi wirausaha berbagi kisah, kami tak begitu mendapatkan apa yang kami ingin ketahui.

Soal menjadi pengusaha, sepertinya kami belum mengarah ke sana. Tapi buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, sebaiknya ikuti tips yang kami tuliskan di atas, meski tidak banyak.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?