Review ZenFone 4 Selfie Pro


Kami harus jujur katakan di awal bahwa Smartphone ini sudah bersama kami beberapa hari semenjak hari Launching di Jakarta kemarin. Ini bukan milik pribadi kami, tapi kami meminjamnya untuk merasakan langsung seperti apa produk ini kami bawa ke dalam blog dotsemarang. Apakah kamu tertarik ingin mengetahui tentang ZenFone 4 Selfie Pro menurut versi kami?

Produk yang kami pegang ini berwarna merah, mencolok mata dan sangat bergaya saat kami pegang bila sedang berjalan. Soal kemampuan, jangan ditanya. RAM 4GB dan ROM 64 GB, kamu pasti akan tertarik untuk mencobanya. Mungkin, ingin memilikinya juga.

Selain warna merah yang kami pegang ini, Zenfone 4 Selfie tersedia dengan varian warna lainnya, yakni Sunlight Gold dan Deepsea Black.

Kawasan Kota lama Semarang kami ambil sebagai lokasi penunjang untuk melihat kemampuan Smartphone dengan dua kamera ini bisa dimaksimalkan.

Tren selfie, dari postingan blog yang kami publish bulan Oktober kemarin, sangat disukai pemasar yang menyasar generasi Z dan Y. Maka tak heran, Asus mengemas produk ZenFone-nya dengan nama Selfie.

Dua kamera depan plus wide angle

Tentu kami akan mengawali dengan performa kamera yang menjadi jargon dari Smartphone yang dibandrol 5 juta kurang ini. Menurut Jerry Shen, Chief Executive Officer ASUS, "Pengguna Smartphone di Indonesia amat mengandrungi aktivitas selfie dan sangat aktif meng-update aplikasi media sosial mereka'.

Dari kegemaran tersebut, di mana sejak Asus pertama kali menghadirkan ZenFone Selfie ke pasaran Indonesia, maka hadirlah Zenfone 4 Series khusus selfie. Teknologi yang disematkan pun semakin mutakhir dan inovativ dalam produk terbaru mereka tersebut.


Saat kami coba menggunakan kamera depan, kami mencari teknologi DuoPixel yang dikatakan mampu menghasilkan foto berukuran 24MP. Ternyata ada di pengaturan atau setting yang saat dibuka ada di bagian atas. Tinggal centang.

Yang menarik dari kamera depan adalah ikon orang di atas tombol shutter. Bila kamu pilih ikon 1 orang, maka hasilnya saat kamu memotret dirimu seperti foto selfie kebanyakan. Tentu dengan kualitas bagus menurut pendapat kami.

Namun saat kamu memilih ikon orang dengan jumlah banyak, fitur wide angle atau kamera sudut lebar akan terbuka. Ini yang akan membuat selfie-mu lebih menarik, seperti memiliki lensa tambahan yang dijual dipasaran. Bila kameramu kamu ubah dari mode potret ke mode panorama, maka sekitarmu lebih banyak terekam di dalam kamera. Ini artinya, kamu harus mengajak temanmu untuk ber-wefie ria.

Kemampuan kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro bukan hanya pada fitur yang kami ceritakan di atas. Fitur softlight LED Flash memberikan lebih banyak cahaya, mirip sedang berada di dalam studio. Dan tanpa cahaya LED pun, kamera depan yang membawa sensor dual pixel Sony IMX362 terlihat lebih bercahaya. Kemampuan teknologi Sony tersebut memang mempunyai fotodioda 2x yang lebih banyak menangkap cahaya.

Selain bagus buat selfie dan wefie, kemampuan kamera depannya bisa merekam video format 4K

Apakah sudah selesai mencicipi fitur kamera depannya? Belum-belum. Masih ada satu lagi fitur yang saat ini sedang tren dalam dunia per-selfie-an, yaitu foto bokeh. Zenfone 4 Series Selfie pun memasukkannya ke dalam teknologi kameranya.

Untuk kamera depan, fitur bokeh bisa kamu aktifkan dengan mengganti kamera utama menjadi kamera wide angle. Nantinya akan tersedia fitur bokeh tersebut yang ditandai ikon orang yang berada di bagian atas (antara timer, flash dan pengaturan). Klik ikon tersebut menjagi ikon dua orang tanpa garis centang. Bila mengaktifkan garis di ikon orang tersebut, fitur bokeh tidak akan bisa digunakan dan sebaliknya.

Sedangkan kamera belakang, fitur bokeh langsung tersedia tanpa mengganti lensa kamera. Seperti kamera depan, silahkan buang centang pada ikon manusia di atas untuk mendapatkan fitur bokeh. Tapi kami harus jujur katakan, fitur bokeh pada ZenFone 4 selfie Pro yang kami pegang belum bisa dikatakan sangat baik. 

Kamera belakang


Selanjutnya kamera belakang yang mengusung 16 MP. Kami sempat bingung dengan fitur manual pada layar kamera yang sedang kami gunakan. Ternyata fitur manual diubah menjadi nama PRO. Kemampuannya sama persis sebenarnya.

Banyak perubahan fitur yang dimasukkan ke dalam aplikasi Pixel Master yang saat ini sudah mengusung 4.0. Semua serba mudah dan tinggal geser, maka fitur seperti otomatis, pengindahan, manual (PRO), resolusi super, panorama langsung tersedia.

Kamera belakang ZenFone 4 Selfie Pro saat kami coba hasilnya juga sangat baik. Terutama malam hari bila menggunakan fitur HDR. Untuk mengambil gambar dengan cepat, maksud kami berganti objek, kemampuannya juga pun sangat handal. Ini bisa didapatkan karena fitur phase detection auto fokus 0.03 detik sepertinya.

16 MP yang menggunakan sensor Sony IMX351 membuat hasil yang didapat sangat baik, ditambah kemampuan sudut pandang yang luas mencapai 80 derajat. Untuk merekam video, kameranya juga sudah dilengkapi penstabil video dan dapat merekam dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160). Buat Vloger, sepertinya kemampuan ini dapat diandalkan. Oh ya, termasuk kemampuan mengambil foto untuk kebutuhan profesional berbasis RAW pun juga disematkan di sini.

Kemampuan musik yang menyenangkan di telinga

Dalam paket kotak ZenFone 4 Selfie yang dibawa, ternyata tersedia Headset berwarna putih. Kemampuan musik yang dihasilkan dengan headset tersebut sangat baik. Bahkan mampu meredam suara disekitar dan fokus pada musik yang didengarkan. Dalam paket yang disediakan, dibekali juga beberapa tambahan seperti gambar berikut ini.


Bagaimana bila tanpa headset? Suara yang dikeluarkan lewat bagian bawah Smartphone ini menambahkan teknologi SonicMaster 4.0, yang hasilnya bisa ditebak, ini keren! Beberapa fitur yang dibawa dalam teknologi ini seperti Hi-Res Audio, DTS Headphone:X, dan masih banyak lagi. Terasa mendengar suara musik lebih baik dari CD biasa.

Untuk memberikan kelegaan pada baterai agar bertahan lebih lama, ZenFone 4 Selfie membawa baterai dengan kapasitas 3000mAh yang sudah dilengkapi fitur fast charging 10W (5V/2V). 


Ada catatan kecil tentang peletakan lubang headset di Zenfone 4 Selfie Pro, mengapa harus ditaruh di bawah? Kebiasaan kami dengan produk ZenFone lainnya yang menaruh lubang di atas kamera rupanya memberi sedikit ketidaknyamanan bila menggunakannya untuk bepergian, terutama saat bersepeda.

Zenfone 4 Selfie sepertinya untuk USB Charger kembali ke bentuk standar pada umumnya. Entah mengapa, mengingat Zenfone 3 memakai USB type C sebagai konektor untuk pengisi dayanya. Tapi baguslah, saya tidak kesulitan mencari type USB ini bila bermasalah kedepannya.

Fitur Fingerprint sensor

Fitur keamanan yang menurut kami sudah banyak digunakan ini, fingerprint sensor, tentu dibawa juga. Yang cukup menarik adalah posisi fingerprint di Zenfone 4 Selfie berada di tombol home (tengah). Itu artinya, jari yang digunakan adalah ibu jari. Berbeda dengan Zenfone 3 milik kami, posisi fingerprint yang berada di belakang mengharuskan kami menaruh jari telunjuk di sana.

letak fingerprint pada Zenfone 4 selfie pro

Dimana bisa mendapatkan Zenfone 4 Selfie Pro?

Bila melihat pameran bulan Oktober kemarin di Semarang, produk ini sudah tersedia dibeberapa toko offline di sekitar. Bisa gerai, bisa juga mal-mal dimana lokasi pusat handphone berada.

Di toko online juga sudah tersedia banyak. Kamu bisa mencarinya lewat mesin pencari atau melalui media sosial. Tapi kalau tidak ingin ribet, kamu bisa buka referensi toko online Asus di sini (tinggal klik).

...

Selengkapnya tentang spesifikasi Asus Zenfone 4 Selfie Pro bisa kamu lihat di sini atau artikel di bawah. Spesifikasi tersebut merupakan spesifikasi resmi dari Asus yang kami dapatkan.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai